Diburu Tiga Negara, Pendiri Wikileaks Kantongi Suaka dari Ekuador

Diburu Tiga Negara, Pendiri Wikileaks Kantongi Suaka dari Ekuador
Diburu Tiga Negara, Pendiri Wikileaks Kantongi Suaka dari Ekuador
QUITO - Pemerintah Ekuador akhirnya menyetujui permohonan suaka politik yang diajukan pemilik situs bocoran dokumen dan data rahasia WikiLeaks, Julian Assange yang telah selama beberapa bulan terakhir sembunyi di Kedutaan Ekuador di London, Inggris. Assange mengajukan suaka politik ke Ekuador  untuk menghindari ekstradisi dirinya ke tanah kelahirannya di Swedia.

 

Kamis (16/8), Menteri Luar Negeri Ekuador Ricardo Patino mengatakan bahwa Swedia berencana mengirim Assange ke Amerika Serikat untuk diadili atas ulahnya mempublikasikan dokumen-dokumen rahasia. Di Swedia sendiri, Assange sedang dicari-cari karena tuduhan pelecehan seksual.

“Pemerintah Ekuador, yang loyal melindungi mereka yang mencari suaka di perwakilan diplomatis kami, telah memutuskan memberikan suaka diplomatis untuk Assange," kata Patino.

Menurutnya, pemerintah Ekuador  mengambil keputusan tersebut setelah Inggris, Swedia dan AS menolak memberikan jaminan bahwa Assange tidak akan diekstradisi ke negeri Paman Sam.

 

QUITO - Pemerintah Ekuador akhirnya menyetujui permohonan suaka politik yang diajukan pemilik situs bocoran dokumen dan data rahasia WikiLeaks, Julian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News