Didakwa 29.000 Kali, Mantan Nazi Minta 'Diselamatkan'

Didakwa 29.000 Kali, Mantan Nazi Minta 'Diselamatkan'
John Demjanjuk. Photo: AP.
CLEVELAND - Seorang warga AS yang terkenal dengan masa lalunya sebagai salah seorang personil Nazi, meminta pemerintah AS untuk memblok pendeportasian dirinya ke Jerman. Dalam permintaannya itu, seperti diberitakan AP dan dikutip oleh FoxNews, ia mencantumkan alasan kemanusiaan.

John Demjanjuk, nama pria yang Jumat (3/4) besok bakal berusia 89 tahun itu, memasukkan berkas permohonannya tersebut Rabu (1/4) waktu setempat, ke lembaga Penegakan Imigrasi dan Kustom atau ICE. Ia memang baru saja didakwa melalui surat penahanan di Jerman dengan 29.000 kali (akting) tuntutan. Lengkapnya, ia didakwa sebagai membantu pembunuhan saat bekerja sebagai penjaga di sebuah kamp kematian Nazi semasa Perang Dunia II.

Dalam pernyataannya di berkas permohonan itu, Demjanjuk mengatakan kepada ICE bahwa ia sekarang berada dalam kondisi fisik lemah. Dengan kata lain menurutnya, dikirim ke Jerman akan merupakan hal yang sangat tidak layak dan dipandang tak berperikemanusiaan.

Anaknya, John Demjanjuk Jr, ikut menyatakan pada saat yang sama, bahwa kondisi ayahnya yang memburuk, mendorong mereka mengontak pejabat imigrasi AS. Ia pun menyebutkan bahwa ayahnya terutama menderita dari masalah ginjal dan komplikasi lainnya.

CLEVELAND - Seorang warga AS yang terkenal dengan masa lalunya sebagai salah seorang personil Nazi, meminta pemerintah AS untuk memblok pendeportasian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News