Digitalisasi di AirAsia Terbukti Dahsyat

Digitalisasi di AirAsia Terbukti Dahsyat
Digitalisasi di AirAsia Terbukti Dahsyat

jpnn.com - JAKARTA – Program Go Digital yang diusung Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam memasarkan turisme terus mendapat respons positif. Salah satu talk show di tengah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) III Pariwisata di Ecopark Ancol, 15-16 September 2016 adalah buktinya.

Marketing Manager AirAsia Yohannes Heraldo yang menjadi pembicara pada salah satu talk show di Rakornas Pariwisata membeber cara untuk mengikat pelanggan. Ternyata, konsepnya adalah efisiensi dan digitalisasi.

“AirAsia murah dan cepat. Inilah yang membuat penumpang banyak yang loyal dengan kami,” katanya.

Di era digital saat ini siapa yang tak kenal AirAsia. Maskapai penerbangan pimpinan Tony Fernandez yang berbasis di Malaysia itu terkenal dengan konsel low cost carrier (LCC).

AirAsia mampu mencuri perhatian publik ketika menyabet penghargaan Best World’s Best Low Cost Airline dari Skytrax selama 6 tahun berturut-turut. Yohannes pun membagi semua kisah sukses AirAsia itu ke peserta rakornas yang diikuti semua stakeholder pariwisata itu.

AirAsia memang sangat efisien dalam penggunaan pesawatnya. Hal ini bisa dilihat dari waktu berhenti pesawat di bandara yang hanya berkisar 25 menit. Selain itu, tingkat produktivitas awak pesawat di AirAsia juga sangat tinggi. Angkanya tiga kali lipat daripada Malaysia Airlines. AirAsia juga dapat meraih utilisasi rata-rata pesawat sebesar 13 jam sehari.

Tapi, bukan itu saja faktor yang membuat AirAsia berkibar. Peralihan pola kerja dari konvensional menjadi digital juga memberi dampak besar. Pembelian tiket yang tadinya manual, diubah ke online.

Murahnya akses internet membuat AirAsia makin efisien. Ujung-ujungnya, internet dijadikan senjata untuk menyalurkan distribusi tiket. 

JAKARTA – Program Go Digital yang diusung Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam memasarkan turisme terus mendapat respons positif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News