Dikira Punah, Unicorn Asia terlihat di Vietnam

Dikira Punah, Unicorn Asia terlihat di Vietnam
Dikira Punah, Unicorn Asia terlihat di Vietnam

jpnn.com - HANOI--Mamalia langka, yang disebut-sebut sebagai unicorn Asia, terlihat di Vietnam untuk pertama kalinya selama 10 tahun. 'Unicorn' adalah binatang khayalan berupa kuda bertanduk.

Satwa yang lazim disebut Saola, memiliki ciri bertanduk dua dan menyerupai antelop, tertangkap kamera yang dipasang organisasi lingkungan hidup WWF di daerah pegunungan pedalaman Vietnam. BInatang ini terkenal pintar menyembunyikan diri.

Menurut laman abc (14/11), dari keterangan para aktivis konservasi, hanya ada beberapa puluh saola yang saat ini hidup di alam liar. Berbagai pihak melakukan usaha untuk melindungi mereka dari para pemburu.

Dalam sebuah pernyataan, direktur WWF Vietnam, Van Ngoc Thinh, mengatakan saat timnya pertama melihat foto-foto tersebut, mereka "hampir tidak mempercayai apa yang mereka lihat."

"Saola itu ibarat cawan sucinya aktivis Asia Tenggara. Penemuan ini memperbaharui harapan untuk memulihkan kembali spesies ini," jelasnya.

Terakhir kali, saola terlihat di Vietnam tahun 1998. Di daerah tempat saola terlihat, WWF menjalankan program penegakkan hukum yang merekrut penjaga-penjaga hutan dari komunitas lokal untuk mencegah kegiatan berburu ilegal.

Para penjaga hutan itu telah menyingkirkan 30 ribu perangkap dan menghancurkan lebih dari 600 kemah pemburu ilegal sejak 2011.

Dang Dinh Nguyen, wakil ketua departemen perlindungan hutan Quang, Dang Dinh Nguyen, mengatakan bahwa penampakan satwa itu adalah momen bersejarah, dan menunjukkan bahwa usaha konservasi di habitat saola tersebut efektif. (esy/jpnn)


HANOI--Mamalia langka, yang disebut-sebut sebagai unicorn Asia, terlihat di Vietnam untuk pertama kalinya selama 10 tahun. 'Unicorn' adalah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News