Dilarang Memotret Batik Presiden

Catatan Dani Nur Subagiyo, Johannesburg

Dilarang Memotret Batik Presiden
Madiba, batik khas Afsel. Foto: Dani Nur Subagyo/Jawa Pos.
BATIK bukan hanya milik Indonesia. Afrika Selatan (Afsel) memiliki batik kreasi sendiri yang dinamakan Madiba. Entah karena menjiplak Indonesia atau bagaimana, yang pasti Madiba sudah menjadi hak paten di Afsel.

Madiba merupakan nama panggilan mantan presiden Afsel sekaligus tokoh anti-apartheid Nelson Mandela. Dinamakan Madiba karena Mandela kerap mengenakan batik dalam kunjungan ke berbagai negara, termasuk saat ke Indonesia. Karena itu, ada yang menyebut Madiba sebagai batik presiden.

Tapi, bukan karena batik presiden lantas semua orang Afsel ingin memakainya. Sejarah apartheid dan faktor Mandela membuat Madiba lebih sering dipakai orang kulit hitam. Orang kulit putih sangat jarang yang memakainya. Bukan karena tidak suka, melainkan karena Madiba sangat jarang terdapat di pasaran.

Madiba yang saya maksud di sini tentu saja yang kualitas terbaik atau kesatu. Bukan Madiba yang banyak dijual di pinggir-pinggir jalan, khususnya di tempat-tempat wisata, sehingga memberi kesan murahan.

BATIK bukan hanya milik Indonesia. Afrika Selatan (Afsel) memiliki batik kreasi sendiri yang dinamakan Madiba. Entah karena menjiplak Indonesia atau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News