Ditemukan, Bom Virus Flu Babi!

Ditemukan, Bom Virus Flu Babi!
FLU BABI. Flu Babi tidak lagi menjadi momok yang menakutkan. Meski masih tetap merepotkan. Para Ilmuwan dari National Taiwan University mengklaim Berhasil menemukan Bom virus H1N1 yang kini merambah dunia itu. Mampukah bom virus made in Taiwan ini membunuh virus 'celeng' yang kini menjadi momok sekaligus proyek global itu?
TAIPEI - Ada temuan baru dalam pengendalian penyebaran pandemi virus flu babi (H1N1). Ilmuwan di Taiwan berhasil mengembangkan senyawa organik yang bisa membantu mengendalikan penyebaran flu babi.Senyawa yang dinamai oleh para peneliti National Taiwan University (NTU) dengan VirusBom itu dapat menghancurkan virus. Termasuk, virus flu babi (H1N1) maupun avian influenza (flu burung). Juga bisa menghentikan penyebaran bakteri, seperti infeksi akibat staphylococcus.

Menurut tim NTU, senyawa tersebut bisa difungsikan untuk mencuci tangan, semprotan, atau dapat pula disatukan pada bahan-bahan seperti masker wajah untuk membunuh berbagai virus secara efektif.  Pengumuman NTU itu terjadi di tengah cepatnya penyebaran virus flu babi. Lebih dari 98 ribu kasus flu babi tercatat di seluruh dunia. Di antara jumlah itu, menurut WHO (badan kesehatan PBB), lebih dari 700 orang meninggal akibat virus tersebut. Hingga kini, Tamiflu menjadi satu-satunya obat yang digunakan untuk mengatasi flu babi dan flu burung.

  Pusat Kendali Penyakit (CDC) Taiwan mengakui bahwa sejumlah uji independen diperlukan untuk  memastikan efektivitas VirusBom. Tetapi, tim NTU mencapai kemajuan dalam riset itu. "Uji coba pada binatang tidak diperlukan karena senyawa ini hanya berfungsi pada lingkungan," kata Steve Kuo kepada CDC Taiwan. Dalam uji coba, virus yang disemprot dengan senyawa itu langsung mati.

  C.K. Lee, profesor ilmu rekayasa yang memimpin tim NTU, melukiskan bahan kimia VirusBom sebagai "senyawa organik sederhana" yang dikembangkan lewat metodologi sintetis di  laboratorium. Tetapi, dia menolak merinci. Alasannya, tim NTU kini sedang mengajukan paten di AS dan Taiwan.  Hanya, Lee menyebutkan bahwa VirusBom berbeda dengan antiseptik biasa yang ada di pasar, seperti Purell. Senyawa itu secara spesifik menarget virus flu babi dan burung. "Senyawa ini mencegah virus memasuki tubuh sehingga bisa memengaruhi sistem kekebalan tubuh," terangnya. "Semua tipe virus dan penyakit pencernaan hancur setelah terkena senyawa ini," lanjutnya.

TAIPEI - Ada temuan baru dalam pengendalian penyebaran pandemi virus flu babi (H1N1). Ilmuwan di Taiwan berhasil mengembangkan senyawa organik yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News