Ditemukan Tengkorak Berusia 3.500 Tahun

Ditemukan Tengkorak Berusia 3.500 Tahun
Ditemukan Tengkorak Berusia 3.500 Tahun
TAKENGON-Tim Balai Arkeologi (BALAR) Medan, di Ceruk Mendale, Kecamatan Kebayakan Aceh Tengah,  menemukan kerangka manusia yang telah berusia 3500 tahun.

Ketut Wiradnyana, Ketua Tim Peneliti Ceruk Mendale, menjawab Rakyat Aceh (Grup JPNN) kemarin, kerangka manusia prasejarah ini kemungkinan sengaja ditimpa dengan batu karena  berkaitan dengan kepercayaan kepada roh-roh. Atau bisa saja agar kerangka tersebut tidak diambil hewan buas.

"Namun, kerangka yang telah berusia 3500 tahun yang ditimpa batu ini, bisa juga menurut kepercayaan orang-orang terdahulu untuk lebih menghormati para pendahulunya yang telah meninggal," kata Ketut. Penemuan kerangka ini dimulai sejak tahun 2009 lalu, kini mulai didalami oleh Tim BALAR.

Penelitian lanjutan yang dilakukan Balar, juga menemukan sisa kerangka hewan vertebrata yang diduga adalah milik hewan jenis gajah. Ketut Wiradnyana, yang ditemui di lokasi penggalian menerangkan temuan benda purbakala itu berada pada satu lubang penggalian dengan penemuan kerangka manusia prasejarah yang memiliki usia 7525 tahun.

TAKENGON-Tim Balai Arkeologi (BALAR) Medan, di Ceruk Mendale, Kecamatan Kebayakan Aceh Tengah,  menemukan kerangka manusia yang telah berusia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News