DPLK BRI Ajak UMKM Persiapkan Dana Pensiun

DPLK BRI Ajak UMKM Persiapkan Dana Pensiun
Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) BRI terus meningkatkan literasi keuangan di Indonesia. Foto: dok BRI

jpnn.com, JAKARTA - Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) BRI terus meningkatkan literasi keuangan di Indonesia.

Salah satunya, lewat kelas edukasi “UMKM Pun Bisa Punya Pensiun” dalam pojok investasi di acara Pesta Rakyat Simpedes (PRS) BRI di Pandaan, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Direktur Bisnis Wholesale dan Kelembagaan BRI Agus Noorsanto mengatakan meningkatkan literasi keuangan adalah wujud komitmen DPLK BRI.

Pihaknya ingin meningkatkan literasi dana pensiun dan pendampingan kepada nasabah serta pelaku UMKM untuk mempersiapkan uang pensiun pada hari tua nanti.

Seperti diketahui, Indeks Literasi Dana Pensiun di Indonesia sebenarnya mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari 2019 ke 2022, akan tetapi tingkat inklusi justru mengalami penurunan dari 6,18% menjadi 5,42%.

Hal ini menggambarkan bahwa masyarakat masih belum sepenuhnya mengetahui apa produk Dana Pensiun yang dapat mereka gunakan sebagai persiapan pensiun.

“Harapannya, pelaku UMKM lebih paham terkait pentingnya mempersiapkan tabungan pensiun. Dengan demikian, mereka lebih cermat dan percaya diri dalam mengelola keuangan. Tabungan pensiunan atau pesangon tersebut dapat dipercayakan pada DPLK BRI,” ungkapnya.

Agus menyebut dengan memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi, para pelaku UMKM berani mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis mereka.

Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) BRI terus meningkatkan literasi keuangan di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News