DPR Dorong KPK Segera Punya Penyidik Independen

DPR Dorong KPK Segera Punya Penyidik Independen
DPR Dorong KPK Segera Punya Penyidik Independen
JAKARTA – Anggota Komisi III DPR Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Aboebakar Alhabsy, menilai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah sangat butuh penyidik independen. Selain untuk mengoptimalkan pemberantasan korupsi, hal itu juga untuk mencegah konflik kepentingan jika penyidik masih berasal dari kepolisian.

“Kita tak bisa lagi mengandalkan penyidik yang sudah ada. Yang saya dengar kemarin sempat ada protes terkait penarikan empat penyidik yang diperbantukan di KPK, barangkali mereka sudah merasa cocok di KPK sehingga enggan kembali ke institusi asalnya,” kata Aboebakar di Jakarta, Rabu (14/3).

Dia menegaskan, kinerja KPK tidak boleh terganggu dengan persoalan yang mengganggu upaya pemberantasan korupsi. Sebab, Abraham Samad Cs harus fokus pada penanganan perkara korupsi. “Karenanya saya rasa amat dibutuhkan dukungan anggaran untuk penyidik independen. Ini untuk penyelamatan dan masa depan KPK,” ujarnya.

Memang, lanjut dia, adanya gesekan di internal KPK sudah lama diprediksi. Karenanya, lebih baik KPK memiliki penyidik sendiri. “Agar mereka tidak tergantung dengan penyidik dari kepolisian dan kejaksaan,” imbuhnya.

JAKARTA – Anggota Komisi III DPR Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Aboebakar Alhabsy, menilai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News