DPR: Pemboikotan Qatar Bisa Pengaruhi Ekonomi Makro

DPR: Pemboikotan Qatar Bisa Pengaruhi Ekonomi Makro
Qatar Airways. Foto Twitter

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Taufik Kuriawan mengaku kaget dengan situasi politik Timur Tengah pascapemboikotan Qatar oleh Arab Saudi dan koalisinya.

Secara ekonomi, kata Taufik, isolasi terhadap Qatar oleh negara-negara di sekitarnya bisa mempengaruhi perekonomian global termasuk Indonesia.

"Timur tengah merupakan jantung ekonomi dunia karena sebetulnya baik Arab Saudi ataupun jazirah Arab itu menjadi market dari Amerika, Eropa, China dan lainnya," kata Taufik di kompleks Parlemen Jakarta, Kamis (8/6).

Apalagi berkaitan dengan kepentingan energi, dampaknya dikhawatirkan bisa merembet kepada perekonomian nasional.

"Dampaknya akan berpengaruh pada ekonomi makro kita. Pasti asumsi minyak nanti akan ada lonjakan kalau dibiarkan terus," ujar politikus PAN itu.

Karenanya, Taufik berharap persoalan di Timur Tengah bisa segera diselesaikan termasuk oleh pemerintah Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

"Dengan kajian geopolitik untuk saat ini kepentingan kita juga. Peran dari Kemenlu, diplomat-diplomat kita harus segera mencari solusi agar tidak berkelanjutan," tambah Taufik menyarankan.(fat/jpnn)


Wakil Ketua DPR Taufik Kuriawan mengaku kaget dengan situasi politik Timur Tengah pascapemboikotan Qatar oleh Arab Saudi dan koalisinya.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News