DPR Tetap Lembaga Terkorup

Hasil Survei Tranaparansi Internasional

DPR Tetap Lembaga Terkorup
DPR Tetap Lembaga Terkorup
JAKARTA - Cap buruk sebagai lembaga korup kembali disandang DPR. Dari hasil survei Barometer Korupsi Global (BKG) 2009 Transparency International  (TI), skor para anggota parlemen masuk level terendah, yakni hanya 4,4 dari skala 1 hingga 5.

Menurut Ketua Dewan Pengurus TII Todung Mulya Lubis, rapor merah DPR ini sudah berlangsung tiga kali yakni tahun 2004, 2006, 2009. BKG sendiri sudah dilakukan TII Pusat di Berlin sejak 2004. Lembaga kedua terkorup tahun 2009 adalah peradilan (4,1) dan partai politik dengan skor 4. Yang menarik, untuk tahun 2009, kepolisian tak masuk sebagai lembaga terkorup.

Kepada wartawan dalam diskusi hasil survei BKG di Mario's Place, Jakarta Pusat, Rabu (3/6) sore, Todung menjelaskan, skor tersebut merupakan hasil pendapat dari 500 responden yang dirangkum oleh Gallup International. 500 responden itu berasal dari dua kota, yaitu Jakarta (300 responden) dan Surabaya (200) yang disurvei.

Adapun pola penilaian dengan menggunakan skala 1 hingga 5. Skor 1 untuk lembaga yang bebas korupsi, sedangkan skor 5 adalah adalah lembagaga yang sangat korup. Soal polisi tak lagi masuk lembaga terkorup, Todung menegaskan hal itu sepenuhnya kewenangan Gallup. "Tapi menurut saya, korupsi kecil tetap dilakukan kepolisian," jelasnya.

JAKARTA - Cap buruk sebagai lembaga korup kembali disandang DPR. Dari hasil survei Barometer Korupsi Global (BKG) 2009 Transparency International 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News