Dua Korea Mulai Memanas

Dua Korea Mulai Memanas
Foto: AFP
SEOUL - Korea Utara (Korut) mulai pamer kekuatan. Departemen Pertahanan (Dephan) Korea Selatan (Korsel) menyatakan, seterunya itu telah menyiapkan rudal balistik jarak menengah yang mampu menjangkau wilayah Australia dan Guam. Bahkan, dalam waktu dekat, rezim Kim Jong Il bakal mengadakan uji ledak rudal jarak jauh yang diperkirakan mampu menjangkau Alaska.

Menurut Dephan Korsel, rudal balistik terbaru Korut itu mampu menjangkau target sejauh 1.800 mil atau sekitar 3.000 kilometer. Namun, tidak disebutkan secara detail jumlah misil yang sudah dikerahkan dan lokasi peluncurannya.

Rudal mutakhir tersebut dipercaya mempunyai tipe sama dengan yang dipamerkan pada parade militer Korut dua tahun lalu. Negeri komunis itu mengembangkan teknologinya sejak akhir 1990-an. Pyongyang saat ini juga dilaporkan sedang menyiapkan uji rudal jarak terjauhnya, Taepodong-2. Itu dilakukan sebagai respons terhadap kian memanasnya ketegangan dengan Seoul. Taepodong diyakini bisa menjangkau pesisir barat Amerika. Lebih jauh daripada Alaska yang berbatasan dengan Rusia.

Korut pernah menguji coba Taepodong-2 pada 2006. Namun, uji coba itu gagal karena roket jatuh ke laut sesaat setelah diluncurkan. Uji coba tersebut dikecam dunia dan mendorong komunitas internasional untuk melakukan berbagai langkah diplomasi guna meredam program nuklir Korut.

SEOUL - Korea Utara (Korut) mulai pamer kekuatan. Departemen Pertahanan (Dephan) Korea Selatan (Korsel) menyatakan, seterunya itu telah menyiapkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News