Dua Mantan Petinggi Bank Jabar Terbukti Korupsi

Uce dan Abbas Diganjar Hukuman Penjara 2,5 Tahun

Dua Mantan Petinggi Bank Jabar Terbukti Korupsi
Dua Mantan Petinggi Bank Jabar Terbukti Korupsi
JAKARTA – Dua mantan Direktur Bank Jabar-Banten yang menjadi terdakwa korupsi, yaitu Uce Karna Suganda dan Abbas Suhari Soemantri divonis bersalah karena korupsi dana setorang dari kantor cabang bank milik Pemda Jabar itu. Pada persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang digelar Senin (14/6), baik Uce maupun Abbas dijatuhi hukuman penjara 2,5 tahun plus denda Rp 100 juta.

“Terdakwa I (Uce) dan terdakwa II (Abbas) telah terbukti sebagaimana dalam dakwaan penuntut umum telah melakukan perbuatan melawan hukum,” ujar ketua Majelis Hakim, Tjokorda Rai Suamba saat membacakan vonis atas kedua mantan direktur bank Jabar itu.

Vonis atas Uce dan Abbas itu jauh lebih ringan dibanding tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Sebelumnya, Uce adalah Direktur Operasional Bank Jabar, sementara Abbas adalah Direktur Pemasarannya. Oleh JPU, keduanya dituntut bersalah karena korupsi dan diancam dengan hukuman penjara selama empat tahun enam bulan serta denda masing-masing Rp200 juta.

Namun pada persidangan itu, majelis menjatuhkan vonis dua tahun lebih ringan dari tuntutan JPU. Dalam pertimbangannya majelis memaparkan, kedua terdakwa telah terbukti menyalahgunakan wewenang karena menyetujui usulan mantan Dirut Bank Jabar, Umar Sjarifuddin, untuk mengumpulkan setoran dari kantor cabang Bank Jabar pada periode 2002-2005.

JAKARTA – Dua mantan Direktur Bank Jabar-Banten yang menjadi terdakwa korupsi, yaitu Uce Karna Suganda dan Abbas Suhari Soemantri divonis bersalah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News