Dukung Emansipasi Wanita, Hasto PDIP Surga di Telapak Kaki Ibu

Dukung Emansipasi Wanita, Hasto PDIP Surga di Telapak Kaki Ibu
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dalam acara peringatan Hari Kartini, Kamis (21/4). Foto: DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyebut RA. Kartini adalah satu di antara pejuang emansipasi perempuan yang dimiliki Indonesia.

Selain itu, kata Hasto, RA Kartini adalah sosok perempuan pelopor, demikian pula Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri.

Hasto mengatakan itu saat mengikuti acara bertajuk Peran Partai dalam Pencegahan dan Pendampingan Kekerasan Perempuan dan Anak secara luring di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (21/4).

"Perempuan pelopor yang tidak pernah menyerah dari berbagai tantangan sehebat apa pun, terus bergerak dengan keyakinan," kata alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) itu, Kamis.

Selain itu, kata Hasto, Kartini adalah sosok yang tidak mau terkungkung oleh pingitan dan budaya. Kartini bergerak dengan kekuatan alam pikir dan daya imajinasinya.

"Melalui tulisannya, suatu imajinasi yang besar yang terbukti mampu menembus benteng-benteng kultural yang menempatkan perempuan hanya ada di kamar, " ujarnya.

Politikus kelahiran Yogyakarta itu kemudian teringat dengan penetapan Kartini sebagai pahlawan oleh Bung Karno bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 1964.

Menurut Hasto, penetapan itu menjadi pertanda bahwa peran perempuan begitu strategis dalam pendidikan, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan membangun imajinasi tentang masa depan anak.

Hasto menganggap RA Kartini adalah sosok perempuan pelopor, demikian pula Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News