Dukung Korsel, AS Kirim Kapal Induk

Dukung Korsel, AS Kirim Kapal Induk
Dukung Korsel, AS Kirim Kapal Induk
SEOUL- Amerika Serikat tidak terima Korea Utara menyerang sekutu dekatnya di Asia, Korea Selatan. Kemarin kapal induk USS Geroge Washington meninggalkan pangkalan militer AS di Tokyo menuju perairan Korea untuk memberikan dukungan kepada Seoul.

Kapal bertenaga nuklir tersebut membawa 75 unit pesawat tempur dan lebih dari enam ribu kru. Mereka akan bergabung dengan militer Korsel yang tengah mengadakan latihan hingga Rabu pekan depan. Langkah AS itu disebut-sebut akan memaksa sekutu Korut, Tiongkok untuk bersikap. "Latihan perang ini sifatnya bertahan," tulis militer AS di Korea dalam sebuah pernyataan resmi. "Ini juga menunjukkan komitmen kami untuk menjaga stabilitas regional," tambahnya seperti dilansir Reuters.

Korea Utara menyatakan Seoul sengaja membuat Semenanjung Korea berada di tepi peperangan. Kantor berita Korut, KCNA melansir, provokasi tersebut berupa digelarnya latihan perang dan menunda bantuan kemanusiaan ke Korut.    

Amerika Serikat dan Jepang mendesak Tiongkok untuk lebih tegas kepada Korea Utara setelah militernya menembakkan sejumlah roket ke Pulau Yeonpyeong, wilayah kedaulatan Korsel. Dua orang marinir Korsel dilaporkan tewas dalam serangan tersebut. Kemarin Seoul kembali melansir korban baru akibat serangan militer Korut. Dua orang warga sipil juga ikut menjadi korban dalam insiden terburuk sejak Perang Korea berakhir pada 1953 tersebut.

SEOUL- Amerika Serikat tidak terima Korea Utara menyerang sekutu dekatnya di Asia, Korea Selatan. Kemarin kapal induk USS Geroge Washington meninggalkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News