Duluan Makan Buah-Sayur atau Nasi?

Duluan Makan Buah-Sayur atau Nasi?
ILUSTRASI. FOTO: Dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Di saat menghadiri undangan, banyak yang bingung memilih makanan untuk disantap. ‎Apakah, makanan berat (nasi) atau camilan (buah, sayur, kue, puding).

Namun, umumnya menurut‎ Direktur Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan Dody Izwardy, kebanyakan penduduk Indonesia ketika menghadiri undangan baik di rumah, rumah makan maupun hotel yang dimakan pertama adalah makanan berat. Sedangkan sayur dan buah menjadi pelengkap saja.

"Saya sering ditanya, makan yang benar duluan mana, sayur dan buah atau nasi? Saya jawab, tergantung kondisi tubuh masing-masing," kata Dody, Minggu (16/10).

Jika berbadan gemuk, yang disarankan pertama adalah makan sayur dan buah sebanyaknya. Setelah itu baru makan makanan berat. Sebaliknya yang berbadan kurus, sebaiknya makan makanan berat kemudian ditutup sayur dan buah.

"Kenapa orang gemuk harus diisi sayur dan buah, agar saat makan makanan berat porsinya jadi sedikit. Kalau orang kurus, harus makan berat karena dia butuh karbohidrat lebih banyak untuk menambah berat badan," paparnya.
 
‎Dia menambahkan, pemerintah sudah menerbitkan Permenkes 41/2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang. Di dalamnya dijelaskan pentingnya konsumsi sayur dan buah sebagai sumber vitamin, mineral dan serat pangan.

"Jadi bagi yang ingin menurunkan berat badan makanlah duluan buah dan sayur sebanyaknya," tandasnya.(esy/jpnn)


JAKARTA - Di saat menghadiri undangan, banyak yang bingung memilih makanan untuk disantap. ‎Apakah, makanan berat (nasi) atau camilan (buah,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News