JPNN.com

EF Indonesia : Ini 5 Alasan Kenapa Harus Belajar Bahasa Inggris

Minggu, 01 September 2019 – 23:30 WIB EF Indonesia : Ini 5 Alasan Kenapa Harus Belajar Bahasa Inggris - JPNN.com
Belajar bahasa Inggris. Foto : dokumen EF for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia ternyata masih menduduki peringkat ke-51 dari 88 negara dalam hal kecakapan bahasa Inggris versi EF English Proficiency Index (EF EPI) di tahun 2018 dengan kemampuan berbahasa yang rendah serta memperoleh skor 51,58.

Namun di regional Asia, Indonesia berada di peringkat ke-13 dari 21 negara yang di riset. Mengingat, kondisi global menuntut individu untuk berpacu pada skill atau kemampuan yang wajib di miliki tiap pribadi masa kini, bila tidak maka bersiaplah pribadi akan tertinggal jauh dan mengalami kerugian baik dari sosial maupun material.

"Sudah menjadi komitmen kami untuk menjadi bagian dan turut memajukan pendidikan di Indonesia. Karenanya kami terus bekerjasama dengan berbagai pemegang kebijakan pendidikan di Indonesia, untuk terus membina masa depan generasi bangsa. Termasuk pada kompetisi EF 360, di mana kami bekerjasama dengan sekolah-sekolah untuk mensosialisasikan kompetisi ini," ucap Erditya Arfah, Marketing Director EF Indonesia.

BACA JUGA : Mandi Saat Berkeringat, Boleh atau Tidak?

Oleh karena itu, berikut ini beberapa alasan kenapa kamu harus belajar bahasa Inggris:

1. Berkomunikasi secara Global
Menurut artikel The Washington Post April 2015, penggunaan bahasa Inggris di pakai hampir di seluruh penjuru dunia. Setidaknya ada 101 Negara yang memakai bahasa Inggris sebagai bahasa utama untuk berkomunikasi. Ini mengindikasikan bahwa, bahasa Inggris adalah masalah yang minimal yang harus di kuasai perseorangan.

Dengan penggunaannya yang luas, mudah untuk memahami mengapa bahasa Inggris adalah bahasa yang sangat baik untuk belajar berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia.

2. Meningkatkan Karir

Sebenarnya bukan rahasia lagi, jika pandai berbahasa Inggris menjadi nilai tambah seseorang dalam berkarir. Jika kamu dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris, kamu akan dapat melakukan komunikasi secara luar atau perjalanan bisnis lebih mudah dan menggunakan bahasa Inggris untuk berbicara dengan orang-orang di negara asing.

Senangnya, bonus jika kamu cakap dalam berbahasa Inggris kamu akan menjadi aset bagi perusahaan yang dapat mengarah pada lebih banyak peluang kerja, kenaikan gaji, dan promosi.

3. Melanjutkan Pendidikan

Memilih untuk belajar bahasa Inggris juga akan menghadirkan lebih banyak peluang pendidikan. Kamu akan dapat belajar di universitas berbahasa Inggris. Sementara banyak dari sekolah-sekolah ini memang mengharuskan kamu untuk lulus tes bahasa yang diperlukan. Setelah kamu belajar bahasa Inggris, maka peluang pendidikan yang lebih banyak lagi akan menghampiri kamu.

4. Liburan Keluar Negeri

Jika kamu berencana untuk bepergian ke luar negeri dan berencana untuk hanya belajar satu bahasa, kamu harus belajar bahasa Inggris. Meskipun bahasa Inggris bukan bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, namun bahasa Inggris adalah bahasa yang digunakan di sebagian besar negara.

5. Menghargai Media dan Hiburan

Bahasa Inggris juga merupakan bahasa dari media dan budaya pop. Di mana negara-negara lain tentu memiliki berita dan bintang pop sendiri, sebagian besar media menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi.

Misalnya, film dan acara televisi paling populer di seluruh dunia direkam dalam bahasa Inggris. Bayangkan bisa menonton pertunjukan atau film dalam bahasa aslinya dan bukan versi yang di-dub. Ditambah, kamu akan dapat membaca dan memahami berbagai sumber berita dari seluruh dunia.

Karena itulah EF berkomitmen memajukan kemampuan berbahasa Inggris orang Indonesia.

"Sudah menjadi komitmen kami untuk menjadi bagian dan turut memajukan pendidikan di Indonesia. Karenanya kami terus bekerjasama dengan berbagai pemegang kebijakan pendidikan di Indonesia, untuk terus membina masa depan generasi bangsa. Termasuk pada kompetisi EF 360, di mana kami bekerjasama dengan sekolah-sekolah untuk mensosialisasikan kompetisi ini," ucap Erditya Arfah, Marketing Director EF Indonesia dalam siaran persnya.

Salah satu kota besar di Indonesia yang berhasil menyiapkan masyarakatnya untuk bersaing di pasar global dengan melatih kemampuan berbahasa Inggris adalah kota Surabaya.

Kota Surabaya meraih predikat Best City dan berhak mendapatkan penghargaan EF English Proficiency Index (EF EPI) Best Awards yang diberikan oleh EF Education First dengan peningkatan nilai yang cukup signifikan dalam kemampuan bahasa Inggris. Pada tahun 2017 Surabaya memperoleh skor 53,87, namun pada laporan EF EPI 2018 meningkat menjadi 54,17.

“Saya berterima kasih kepada semua pihak atas segala usaha dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris warga Surabaya. Selama 5 tahun saya bekerja untuk memimpin kota ini, kita selalu berusaha untuk membawa Surabaya ke tingkat yang lebih tinggi, termasuk dalam hal kemampuan berbahasa Inggris. Beberapa upaya dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan langsung bagi pemberi jasa, perawat, anak-anak muda untuk terlibat aktif dalam kegiatan pariwisata mengingat Surabaya sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan asing. Dengan memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, kita bisa bersama-sama dapat membawa Surabaya lebih maju lagi dan hal ini tentunya juga akan mengangkat nama Indonesia di mata dunia.” kata Walikota Surabaya Tri Rismaharini saat menerima penghargaan secara simbolik untuk Kota Surabaya.

Banyak jalan untuk kita mempersiapkan generasi masa depan agar cakap berbahasa Inggris.

Selain di mulai dari lingkungan keluarga, dan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan cara yang seru dan menyenangkan, di tahun 2019 ini EF English Center for Kids & Teens juga berinisiatif untuk mengadakan kompetisi EF360.

Melalui EF360 generasi muda dapat menuangkan ide-ide kreatif mereka sekaligus mendapatkan mentorship mengenai content marketing dan branding dari yang sudah berpengalaman.(flo/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...