Ekonomi Global Tak Bersahabat, Jokowi Perintahkan Anak Buahnya Segera Belanjakan Anggaran

Ekonomi Global Tak Bersahabat, Jokowi Perintahkan Anak Buahnya Segera Belanjakan Anggaran
Presiden Joko Widodo menggelar sidang paripurna kabinet di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/2). Foto: Fathan Sinaga/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar sidang paripurna kabinet di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/2). Sebelum membuka sidang, Jokowi mengingatkan, kondisi ekonomi global saat ini tak stabil, terlebih adanya virus corona.

"Dalam situasi yang kita alami sekarang ini, kecepatan kami membelanjakan anggaran-anggaran yang ada di setiap kementerian seawal mungkin akan jadi sebuah pengungkit bagi meredupnya, kita tahu ekonomi global yang baru tidak bersahabat dan adanya serangan virus corona," kata Jokowi.

Dalam rapat yang dihadiri para menteri dan pimpinan lembaga, Jokowi meminta sebelum akhir Februari, belanja anggaran harus sudah direalisasikan. Kata Jokowi, saat ini Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sudah melakukan belanja yang besar.

"Saya harapkan kementerian yang lain juga, terutama berkaitan dengan belanja modal, belanja langsung. Kemsos juga sudah belanjakan dalam rangka bansos, PKH, itu sangat membantu," kata Jokowi.

Mantan gubernur DKI Jakarta ini juga mengingatkan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar agar merealisasikan program dana desa secepatnya.

"Sehingga daya beli dan konsumsinya di desa tak terganggu," kata pria asal Solo ini. (tan/jpnn)

Dalam rapat yang dihadiri para menteri dan pimpinan lembaga, Jokowi meminta sebelum akhir Februari, belanja anggaran harus sudah direalisasikan.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News