Elektabilitas Tertinggi, Demokrat Disarankan Usung Dahlan Jadi Capres

Elektabilitas Tertinggi, Demokrat Disarankan Usung Dahlan Jadi Capres
Elektabilitas Tertinggi, Demokrat Disarankan Usung Dahlan Jadi Capres

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat komunikasi politik dari Polcomm Institute Heri Budianto meyakini, Menteri BUMN Dahlan Iskan bakal keluar sebagai pemenang Konvensi Calon Presiden (Capres) Partai Demokrat. Pasalnya, pemenang konvensi ditentukan berdasarkan hasil survei publik.

Dikatakannya, selama ini Dahlan merajai berbagai survei elektabilitas peserta konvensi. Karenanya, wajar jika dalam survei yang digelar Partai Demokrat untuk menentukan pemenang konvensi, Dahlan kembali jadi pemuncak.

"Saya meyakini bahwa DI akan memenangi konvensi jika penilaiannya adalah survey publik," ujar Heri saat dihubungi di Jakarta, Senin (5/5).

Heri mengatakan, Dahlan bukan hanya memiliki elektabilitas yang tinggi, mantan Dirut PLN itu juga seorang pemimpin yang terbukti mumpuni. Karenanya, Heri menyarankan agar Demokrat membentuk poros koalisi baru dengan Dahlan sebagai calon presidennya.

"Saya kira masih ada peluang bagi Demokrat untuk menarik parpol lain yakni PAN dan PKS dalam mitra koalisi dan mengajukan pemenang konvensi," papar Heri.

Tapi jika Demokrat memutuskan untuk mengekor poros yang sudah ada maka sepantasnya Dahlan diajukan sebagai calon wakil presiden (cawapres). Dengan elektabilitas yang tinggi ditambah mesin Demokrat, Heri yakin Dahlan akan menjadi rekan yang sangat berharga bagi calon presiden manapun.

Hal senada juga disampaikan, pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Jakarta Pangi Syarwi Chaniago. Menurut Pangi, Dahlan pasti akan mendongkrak siapapun yang menggandengnya sebagai wakil.

"Dahlan Iskan tinggi elektibilitas karena ia sosok yang masih diminati rakyat dan memiliki kapabilitas," ucapnya saat dihubungi terpisah. (dil/jpnn)

JAKARTA - Pengamat komunikasi politik dari Polcomm Institute Heri Budianto meyakini, Menteri BUMN Dahlan Iskan bakal keluar sebagai pemenang Konvensi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News