JPNN.com

Eropa Membeku, Uang Kertas Jadi Pemanas

Jumat, 10 Februari 2012 – 10:42 WIB
Eropa Membeku, Uang Kertas Jadi Pemanas - JPNN.com
Eropa Membeku, Uang Kertas Jadi Pemanas
BUDAPEST – Pemerintah Hungaria punya kebijakan dan cara tersendiri untuk melindungi rakyatnya dari hawa dingin ekstrem dan mematikan yang kini melanda Eropa. Bank sentral negara mengubah  uang kertas lama menjadi briket untuk penghangat bagi warga di kawasan miskin. Lantas, briket itu disalurkan lewat organisasi kemanusiaan.

Meski telah bergabung dengan Uni Eropa sejak 2004, Hungaria tetap mempertahankan forint sebagai mata uang. Hanya, koin pecahan 100 sudah tidak berlaku di negara di timur Eropa itu.

Menurut Barnabas Ferenczi, kepala pusat logistik tunai Hungarian National Bank (bank sentral Hungaria), sekitar 200 miliar forint (sekitar EUR 680 juta atau sekitar Rp 7,48 triliun) uang kertas lama telah dikonversi menjadi briket.

’’Bagi bank sentral, tanggung jawab korporasi adalah hal penting. Itu alasan kami untuk menghancurkan sekitar 40 atau 50 ton uang kertas setiap tahun. Kegiatan ini jelas bisa bermanfaat bagi lembaga amal yang punya masalah dalam mencari bahan bakar untuk pemanas,’’ paparnya kemarin (9/2).

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
afni