Eskalator Khusus dan Mobil Raja Salman Memang Wow

Eskalator Khusus dan Mobil Raja Salman Memang Wow
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud. Foto: The Guardian

jpnn.com - jpnn.com - Kabar tentang rencana kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud ke Indonesia pada 1 Maret nanti terus mewarnai pemberitaan media nasional. Terlebih beragam kemewahan ikut menyertai kunjungan raja ketujuh dalam dinasti al-Saud itu.

Salah satu yang mengundang perhatian adalah eskavator khusus untuk menurunkan Raja Salman dari pesawat, serta mobil Mercedes-Benz S600. Head of Corporate Secretary and Legal Angkasa Pura II Agus Haryadi mengungkapkan, ada tangga motorized atau semacam eskalator portable yang ikut dibawa ke Indonesia untuk kepentingan kunjungan Raja Salman.

“Lalu mobil ada juga. Memang sengaja dibawa dari sana. Mungkin karena umur Raja Salman yang sudah lanjut jadi dinilai perlu,” ujarnya, Sabtu (25/2).

Lantas, seperti apakah tangga motorized? Sekilas, penampakannya tak jauh beda dengan eskalator di mal-mal.

Namun, eskalator untuk Raja Salman turun dari pesawat memang istimewa. Ada lapisan putih dihiasi kaligrafi emas di bagian atas.

Berdasar video di YouTube, tangga Raja Arab ini memiliki fungsi yang sama dengan eskalator.Sang raja tak perlu melangkahkan kaki berkali-kali untuk menuruni tangga pesawat. Cukup berdiri tegak, dia pun terlihat elegan menuruni tangga pesawat tanpa bergerak sedikit pun.

Lantaran eskavator itu barang langka, maka kargonya pun terbilang sangat istimewa. Khusus untuk tangga motorized itu, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi harus menerbangkannya dengan pesawat berbadan lebar Saudi Arabian SV 6854.

PT Jasa Angkasa Semesta (JAS) yang melayani ground handling kargo rombongan Raja Salman sampai harus mengerahkan main deck loader dari Cengkareng guna diboyong ke Bandara Halim Perdana Kusumah. Main deck loader berkapasitas 32 ton hanya untuk menaikkan dan menurunkan kargo rombongan Raja Salman.

Kabar tentang rencana kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud ke Indonesia pada 1 Maret nanti terus mewarnai pemberitaan media nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News