Favorit Juara Versi Ekonom

Favorit Juara Versi Ekonom
Pose formal 23 pemain Spanyol - tim favorit banyak orang - bersama pelatih Vicente del Bosque. Foto: AFP Photo/Lluis Gene/FIFA.com.
LONDON - Siapa favorit juara Piala Dunia (PD) 2010? Setelah rumah bursa di dunia banyak mengunggulkan Spanyol, giliran ahli ekonomi (ekonom) sejagat yang menjagokan juara Euro 2008 itu. Pilihan ekonom itu merupakan hasil polling yang digagas oleh kantor berita Reuters, Jumat (28/5) lalu.

Dari sebanyak 74 ekonom dunia yang diambil sebagai sampel, 44 di antaranya mengaku yakin Spanyol bakal meraih PD kali pertama. Spanyol berhasil mengungguli juara dunia lima kali, Brazil, yang dipilih oleh 23 ekonom.

"Saya memprediksi Spanyol sebagai juara dunia, karena mereka bukan hanya tim yang punya banyak talenta berbakat, tapi memang punya tradisi sebagai tim tangguh dan kuat di kejuaraan besar sejak dulu," kata Jean-Francois Mercier, ahli ekonomi asal Afrika Selatan (Afsel).

"Saya sebenarnya menginginkan Inggris memenangi Piala Dunia. Namun, (bicara) realistis, Spanyol memiliki kekuatan yang lebih dahsyat," tutur Howard Archer pula, ekonom yang tergabung dalam organisasi ekonomi terbesar dunia, IHS Global Insight, di London.

LONDON - Siapa favorit juara Piala Dunia (PD) 2010? Setelah rumah bursa di dunia banyak mengunggulkan Spanyol, giliran ahli ekonomi (ekonom) sejagat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News