Filipina Punya 'First Girlfriend'

Filipina Punya 'First Girlfriend'
Shalani Soledad bersama Benigno "Noynoy" Aquino di salah satu kesempatan tampil bersama. Foto: Barriosiete.com.
MANILA - Saat Benigno "Noynoy" Aquino dilantik menjadi Presiden Filipina pada 30 Juni nanti, kursi ibu negara aka kosong. Pasalnya, sampai sekarang, senator berusia 50 tahun itu masih betah melajang. Ini merupakan kali pertama seorang bujangan menjadi presiden di Filipina.

Setidaknya, status tersebut bisa bertahan sampai sekitar enam tahun ke depan, selama dia menjabat sebagai presiden. Apalagi, sang kekasih, Shalani Soledad, juga sibuk dengan aktivitas politiknya sebagai anggota Dewan Kota Valenzuela.

"Presiden tanpa pendamping tidak sekali ini terjadi di Filipina. Ibunda Noynoy, mendiang Presiden Corazon Aquino, juga berstatus janda," kata sejarawan Filipina sekaligus kolomnis ABS-CBN News, Manolo Quezon, Kamis (13/5) lalu. Status tersebut, lanjut Quezon, sama sekali tidak meredupkan citra sang presiden. Buktinya, selama menjabat sebagai presiden, Aquino juga tidak pernah didampingi first gentleman alias bapak negara. Sampai sekarang, reputasi presiden perempuan pertama Filipina tersebut tetap baik.

Di sisi lain, menjabat sebagai pimpinan eksekutif pemerintahan tanpa pendamping juga menguntungkan. Sebab, Noynoy tidak perlu pusing memikirkan kontroversi yang biasanya menyertai pendamping presiden. Seperti yang dialami pasangan mantan Presiden Ferdinand Marcos atau Gloria Macapagal Arroyo. Keduanya terseret dalam skandal korupsi pasangan masing-masing.

MANILA - Saat Benigno "Noynoy" Aquino dilantik menjadi Presiden Filipina pada 30 Juni nanti, kursi ibu negara aka kosong. Pasalnya, sampai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News