Foto Bupati di Baliho Balon Diprotes LSM

Foto Bupati di Baliho Balon Diprotes LSM
Foto Bupati di Baliho Balon Diprotes LSM
ASAHAN -- Aksi pasang baliho menjelang pilkada sebenarnya hal yang lumrah. Namun, di Asahan, Sumut, ada baliho yang dipersoalkan elemen masyarakat lantaran foto salah satu bakal calon (balon) disandingkan dengan foto Bupati Asahan Drs H Risuddin dengan pakaian dinas bupati. Baliho berukuran 2 kali 3 meter yang dipersoalkan itu adalah baliho milik balon Bupati Asahan Hj Helmiati yang dipajang di pinggir Jalinsum Asahan, Kelurahan Kedai Ledang, Kecamatan Kisaran Timur.

Koordinator LBH Publiek Asahan-Tanjung Balai, Zasnis Sulung kepada Metro Asahan menilai, baliho raksasa tersebut jelas melanggar aturan ada foto Bupati Asahan Drs H Risuddin yang merupakan suami dari Hj Helmiati sendiri. "Foto di baliho itu memunculkan kesan bahwa Bupati Asahan Drs H Risuddin sebagai tim sukses (TS) dari Hj Helmiati dan terlebih foto Drs H Risuddin itu memakai pakaian dinas Bupati Asahan," ujar Zasnis Sulung.

Dijelaskan, sesuai aturan, sebagai bupati yang masih aktif Risuddin tidak diperbolehkan menjadi tim sukses bagi seorang calon dan harus netral. Penampilannya dalam foto itu jelas-jelas mengisyaratkan seorang bupati karena pakaian dinas bupati yang dipakaikannya. "Sehingga jauh dari kesan foto dipasang bukan Risuddin sebagai pribadi, tapi sebagai bupati," papar Zasnis.

Secara jelas di bagian bawah foto Hj Helmiati, anggota DPRD Sumut asal Partai Golkar itu ditulis, 'Balon Bupati Asahan periode 2010-2015'. Selain itu, sebanyak 3 foto tekait kegiatan sosial Hj Helmiati terlihat jelas. Tapi identitas Bupati Asahan Drs H Risuddin tidak terdapat di baliho tersebut. Hanya fotonya yang berukuran besar lengkap dengan pakaian dinas sorang bupati.

ASAHAN -- Aksi pasang baliho menjelang pilkada sebenarnya hal yang lumrah. Namun, di Asahan, Sumut, ada baliho yang dipersoalkan elemen masyarakat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News