Foto e-KTP Ganda Beredar, Ini Komentar Roy Suryo

Foto e-KTP Ganda Beredar, Ini Komentar Roy Suryo
Wakil Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Roy Suryo. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - jpnn.com - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Roy Suryo menyayangkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang langsung menyebut foto-foto kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) ganda sebagai berita palsu alias hoax. Roy justru menyarankan Tjahjo melakukan investigasi terlebih dahulu.

"Mestinya Mendagri jangan langsung bilang hoax. Sebab, KTP ganda itu bisa terjadi di mana-mana. Mendagri harusnya meminta anak buahnya untuk menyelidiki informasi tersebut," kata Roy, Senin (6/2).

Mantan menteri pemuda dan olahraga itu mengatakan, ada kelemahan dalam e-KTP. Sebab, katanya, e-KTP mudah dipalsukan.

Apalagi dalam e-KTP tidak dicantumkan cap kelurahan tempat kartu identitas kependudukan itu dikeluarkan. Dengan keberadaan KTP ganda, kata Roy, kemungkinan juga ada persoalan pada daftar pemilih di pilkada.

Anggota tim pemenangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni di pilkada DKI itu pun merasa curiga pemalsuan KTP juga untuk kepentingan penggunaan hak pilih. Sebab, satu orang bisa mencoblos di beberapa lokasi.

"Tinta di jari bisa dihapus dengan mudah kok. Sekarang yang harus diwaspadai ya keberadaan KTP ganda. Pemerintah dan aparat harus mewaspadai ini," tegasnya.(esy/jpnn)


Wakil Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Roy Suryo menyayangkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang langsung menyebut foto-foto kartu


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News