KPU DKI Beberkan Modus Pemalsuan E-KTP

KPU DKI Beberkan Modus Pemalsuan E-KTP
e-KTP. Foto: Jawa Pos

jpnn.com - jpnn.com - Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Daftar Pemilih Tetap (DPT) KPU DKI Jakarta M Sidik mengatakan, pihaknya telah mengecek kebenaran informasi adanya sejumlah orang memegang beberapa fisik KTP elektronik (e-KTP).

‎"‎KPU Kota Jakarta Utara misalnya, langsung menemui salah satu pemilik E-KTP atas nama Mada di wilayah Pademangan. Hasilnya, pemilik asli dari KTP dan NIK tersebut berbeda wajah dan fotonya dengan berita yang tersebar di dunia maya," ujar Sidik di Jakarta, Minggu (5/2).

Selain mengecek pemilik e-KTP atas nama Mada, KPU DKI juga melakukan hal yang sama terhadap dua ‎identitas lain atas nama Saidi dan Sukarno.

“Mereka adalah orang yang berbeda dan foto di e-KTP-nya juga berbeda. Jadi  foto asli mereka sengaja ditutup dengan foto orang lain oleh pihak yang tidak bertanggung jawab," ucap Sidik.

Namun, Sidik membenarkan bahwa nama dan NIK yang tercantum pada ketiga e-KTP tersebut telah tercatat dan terverifikasi dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pilgub DKI 2017.

"‎Kasus ini tentu menjadi catatan penting bagi KPU DKI Jakarta.  Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta serta pihak kepolisian untuk bersama-sama mengantisipasi modus seperti ini," pungkas Sidik.(gir/jpnn)


Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Daftar Pemilih Tetap (DPT) KPU DKI Jakarta M Sidik mengatakan, pihaknya telah mengecek kebenaran informasi adanya sejumlah


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News