FPKB Dorong Lahirnya UU Kebudayaan

FPKB Dorong Lahirnya UU Kebudayaan
FPKB Dorong Lahirnya UU Kebudayaan
JAKARTA – Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa di DPR, Hanif Dahiri, menilai Indonesia saat ini menjadi bangsa yang kehilangan jati diri. Hanif beralasan, Indonesia lebih mengembangkan budaya populer atau dari luar ketimbang budaya sendiri.

          

“Masyarakat kita lebih banyak menyerap budaya populer dari luar dengan kemampuan terbatas,” kata Hanif dalam dialog “Quo Vadis Kebudayaan Indonesia” di ruang Fraksi PKB di DPR, Kamis (29/11).           

           

Menurutnya, saat ini Bangsa Indonesia juga mendapatkan tantangan besar dalam hal kebudayaan. Ia menyebut terjadi fundamentalisme agama sebagai contohnya. “Ini memunculkan partikularisme politik dan ini menjadi masalah,” kata Hanif.

           

Tantangan lain, kata Hanif, saat ini budaya juga sudah mengabdi kepada pasar. Jika dulu kesenian tidak bisa dipisahkan dari rakyat, kini malah sebaliknya. “Rakyat tidak memiliki akses dengan proses kebudayaan yang sedang berlangsung,” imbuhnya.  

JAKARTA – Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa di DPR, Hanif Dahiri, menilai Indonesia saat ini menjadi bangsa yang kehilangan jati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News