Ganjar Pranowo Ingin Wartawan jadi Profesi Prestisius

Ganjar Pranowo Ingin Wartawan jadi Profesi Prestisius
Ganjar Pranowo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - BATAM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sedih mengetahui upah wartawan di wilayahnya. Kader PDI Perjuangan itu pun berencana membuat standar gaji untuk kuli tinta di Jawa Tengah.

"Saya dikasih tabel bayaran kuli tinta (di Jateng) itu masih mengenaskan. Jadi saya katakan, ini bahaya untuk sebuah sikap menjaga idealisme. Itu akan sangat rentan sekali," katanya, saat menghadiri Hari Pers Nasional (HPN) 2015 di Batam, Kepulauan Riau. 

Ganjar mengatakan, perlu digodok semacam upah minimum regional/kota khusus untuk insan pers. "Ini agar mereka masuk dalam jabatan yang prestisius, bisa menjaga idealismenya. Tentu ini yang kita harapkan," lanjut Ganjar.

Saat ditanya berapa nominal yang akan diatur, Ganjar masih enggan menyebutkan. "Tidak tinggilah, tapi cukup. Idealnya kalian yang hitunglah, kan kalian yang wartawan," lontarnya.

Selain bicara masalah gaji wartawan, Ganjar dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menandatangani sebuah Memorandum of Understanding (MoU) untuk membuat sekolah formal di bidang jurnalistik.

"Saya dan teman-teman PWI Jateng memelopori, dan teman-teman PWI Pusat datang juga, untuk sekolah jurnalis. Harapan kita moralitas jurnalis akan kita bangun bersama-sama, idealisme akan kita bangun bersama-sama. Mudah-mudahan ini bagian dari spirit kaderisasi pers-pers yang nantinya akan hebat," pungkas Ganjar. (rmo/jpnn)


BATAM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sedih mengetahui upah wartawan di wilayahnya. Kader PDI Perjuangan itu pun berencana membuat standar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News