Gara-gara Rokok, Kesehatan 89 Juta Anak Terganggu

Komnas PA Gugat Pemerintah dan Produsen Rokok

Gara-gara Rokok, Kesehatan 89 Juta Anak Terganggu
Gara-gara Rokok, Kesehatan 89 Juta Anak Terganggu
JAKARTA - Ancaman dampak asap rokok rokok masih terus menghantui. Diantaranya dirasakan oleh Komnas Perlindungan Anak (PA). Mereka memperkirakan kesehatan 89 juta jiwa anak-anak mulai rusak akibat menjadi perokok aktif maupun pasif. Gugatan hukum siap mereka tembakkan untuk pemerintah dan produsen rokok.

Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait mengatakan, saat ini ada 89 juta keluarga perokok. Dia memperkirakan, jika setiap keluarga tadi memiliki satu anak, berarti ada 89 anak yang kesehatannya terancam rusak akibat menghirup asap rokok.

Kasus ini menuntut tanggung jawab produsen rokok dan pemerintah. Arist berpendapat, dua pihak tadi memiliki berperan di balik fenomena mulai banyaknya gangguan kesehatan akibat rokok yang dialami anak-anak.

Untuk mempertajam gugatannya itu, Arist dan kawan-kawan di Komnas PA sedang mengoleksi kasus-kasus kesehatan anak. "Sementara kami mendapatkan 20 kasus yang paling menonjol," katanya. Dari seluruh kasus tersebut, gangguan kesehatan paling banyak adalah paru-paru. Dia menarget gugatan ini sudah masuk ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat akhir Mei mendatang.

JAKARTA - Ancaman dampak asap rokok rokok masih terus menghantui. Diantaranya dirasakan oleh Komnas Perlindungan Anak (PA). Mereka memperkirakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News