Gardu Listrik Jawa-Bali Mendadak Terbakar

Gardu Listrik Jawa-Bali Mendadak Terbakar
GARDU Induk PT PLN Distribusi Jawa Bali di Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya, Jawa Barat terbakar. Foto: Dede Mulyadi/Radar Tasikmalaya/JPNN
TASIKMALAYA – Travo Gardu Induk Tegangan Ekstratinggi (GITET) di Kampung Cimanglid, Kecamatan Tamansari, Tasikmalaya, meledak kemarin (28/1). Ledakan itu memicu kobaran api setinggi 30 meter. Tidak ada korban dalam musibah tersebut.

Terbakarnya travo GITET itu terjadi di siang bolong. Saksi mata yang juga satpam GITET, Lili Sumarli, 40, mengatakan, insiden kebakaran itu terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Saat itu dia bersama rekannya berjaga di pos satpam GITET. Tiba-tiba dia mendengar ledakan yang sangat keras dari arah GITET. ”Awalnya saya menyangka kalau suara ledakan itu adalah ban mobil truk besar yang bocor,” ujarnya kepada Radar Tasikmalaya (Group JPNN) di lokasi kejadian.

Karena penasaran, dia dan rekannya bergegas menuju sumber ledakan. Ternyata ledakan tersebut berasal dari sebuah travo GITET yang dijaganya. ”Saya kaget karena ledakan itu diikuti kobaran api yang sangat besar serta membubung tinggi,” kata Lili.

Untuk memadamkan api itu, dikerahkan lima unit damkar dari Pemkot dan Pemkab Tasikmalaya. Upaya menjinakkan api tidak mudah. Lima unit damkar bolak-balik mengisi air hingga 50 kali untuk menghentikan api tersebut. Baru sekitar pukul 15.30, atau lima jam kemudian, api bisa dipadamkan.

Kepala APJ PLN Tasikmalaya Dodi Pangaribuan mengatakan, pihaknya belum mengetahui penyebab kebakaran. Untuk memastikannya, tegas Dodi, diperlukan penyelidikan intensif. ”Kami butuh waktu untuk mengetahui penyebab terbakarnya satu travo itu,” ujarnya.

TASIKMALAYA – Travo Gardu Induk Tegangan Ekstratinggi (GITET) di Kampung Cimanglid, Kecamatan Tamansari, Tasikmalaya, meledak kemarin (28/1).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News