JPNN.com

Gawat, Kecoak Zaman Now Makin Kebal Racun

Kamis, 04 Juli 2019 – 12:32 WIB Gawat, Kecoak Zaman Now Makin Kebal Racun - JPNN.com

jpnn.com - Tertarik melihat iklan semprotan pembasmi kecoak? Pikir-pikir dulu. Penelitian termutakhir dari AS menunjukkan bahwa serangga menjijikkan itu bisa berevolusi menjadi kebal terhadap racun pestisida yang sering digunakan.

Penelitian yang dilakukan Purdue University in Indiana menunjukkan bahwa lipas rupanya bisa beradaptasi terhadap racun. Itu pun bukan hanya satu atau dua macam. Pasalnya, induk kecoak bisa mewariskan gen antiracun tersebut kepada keturunannya.

"Ini tantangan yang tidak pernah disadari. Kecoak terus mengembangkan gen antiracun serangga yang membuat penanganan kimia saja jadi mustahil," ungkap Michael Scharf, ketua tim peneliti, kepada CNN.

Penelitian itu dilakukan selama enam bulan terhadap populasi kecoak Jerman di tiga lokasi berbeda. Mereka terus menaburkan produk pembasmi serangga yang berbeda di tiap lokasi.

Ternyata, hanya ada satu upaya yang berhasil menurunkan jumlah populasi serangga tersebut. Yakni, menabur jebakan lem yang mengandung zat abamectin. Sementara itu, populasi kecoak di tempat peneliti menggunakan campuran gas racun serangga justru berlipat ganda.

"Daya tahan mereka bisa meningkat empat kali lipat dalam satu generasi saja. Kami tidak tahu bagaimana itu bisa terjadi begitu cepat," imbuh Scharf. (bil/c18/dos)

Sumber Jawa Pos

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...