JPNN.com

Gejala Aneh pada Mata Ini Jangan Sampai Diabaikan

Selasa, 09 Agustus 2016 – 19:05 WIB Gejala Aneh pada Mata Ini Jangan Sampai Diabaikan - JPNN.com

Terkadang, mata manusia tidak mendapatkan cukup perhatian. Sebagian besar dari kita jarang mengunjungi seorang spesialis mata setiap beberapa tahun atau lebih. Sekitar setengah dari 61 juta orang dewasa di Amerika Serikat berisiko tinggi untuk kehilangan penglihatan serius belum mengunjungi dokter mata dalam 12 bulan terakhir.

Inilah masalahnya, tes mata tidak hanya mengukur visi Anda, tetapi juga bisa memberikan informasi penting tentang kesehatan secara keseluruhan. Banyak orang mungkin memiliki penyakit lain, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, penyakit menular atau bahkan gangguan autoimun dan mungkin tidak mengetahuinya sampai mereka mendapatkan mata mereka diperiksa.

" Mata mungkin jendela jiwa, tetapi mereka juga bisa memberitahu Anda tentang banyak penyakit sistemik dan tingkat keparahan penyakit tersebut," kata kepala eksekutif Retina Pusat Ohio di Cleveland, Dr. Suber Huang, seperti dilansir laman Today.

Berikut adalah beberapa gejala yang ditunjukkan mata yang harus membuat Anda mengunjungi dokter mata.

1. Floaters

Floaters adalah gumpalan jel kecil atau serbuk seluler dalam vitreous (cairan serupa jel) yang mengisi rongga mata.

Anda mungkin mengalami sesuatu yang jinak yang disebut detasemen vitreous posterior (PVD.) Atau Anda mungkin mengalami robekan retina yang bisa menyebabkan ablasi retina. Ini bisa berpotensi membutakan jika tidak cepat ditindak lanjut.

Sebuah PVD adalah proses penuaan (biasanya setelah usia 50 tahun bagi kebanyakan dari kita dan lebih muda jika Anda rabun) di mana vitreous, zat seperti gel yang mengisi mata Anda dan melekat ke retina, mulai menyusut dan menarik diri dari retina.

Tidak sakit dan beberapa orang bahkan mungkin tidak menemukan gejala. Kabar buruknya adalah bahwa sekitar 10 persen orang mungkin mengalami robekan retina jika vitreous gel memisahkan dari retina dengan terlalu banyak kekuatan. Jika Anda didiagnosis dengan PVD, dokter akan menjadwalkan kunjungan tindak lanjut.

2. Mata berkaca-kaca dan merah

Mata merah dan berkaca-kaca tidak selalu karena malam panjang, terutama jika Anda memakai contact lens. Anda mungkin memiliki keratitis. Yaitu  infeksi pada kornea yang menyebabkan kemerahan, nyeri, dan peradangan, Ketika tertangkap awal, bisa diobati dengan lebih mudah. Menunggu terlalu lama, maka Anda bisa berpotensi kehilangan visi/penglihatan Anda.

3. Double visi

" Meskipun bisa disebabkan oleh beberapa kondisi jinak, sampai terbukti sebaliknya, penglihatan ganda tidak pernah baik," kata Dr. Rebecca Taylor, juru bicara American Academy of Ophthalmology.

Orang bisa mengalami penglihatan ganda pada satu atau kedua mata. Jika Anda memiliki penglihatan ganda pada salah satu mata, hal itu bisa terjadi karena masalah kornea.

Jika Anda memiliki penglihatan ganda di kedua mata, yang lebih umum, itu berarti mata Anda tidak bekerja sama dengan cara yang benar. Itu bisa menjadi karena masalah neurologis, masalah autoimun atau masalah lainnya.(fny/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...