Gempa Lombok: Tegar pun Lahir di Halaman Puskesmas Senaru

Gempa Lombok: Tegar pun Lahir di Halaman Puskesmas Senaru
Elmiyanti bersama bayi yang lahir saat gempa Lombok terjadi. Foto: Pujo/Lombok Post

jpnn.com, LOMBOK - Di tengah duka musibah gempa Lombok, bayi mungil yang diberi nama Tegar lahir membawa kebahagiaan. Tegar lahir melalui persalinan darurat di halaman Puskesmas Senaru, Lombok Utara.

PUJO NUGROHO, Lombok Post

Ya. Kebahagiaan dirasakan pasangan Suherman dan Elmiyanti. Elmi, sapaan Elmiyanti, melahirkan anak pertamanya yang berjenis kelamin laki-laki di Puskesmas Senaru pukul 09.20. ”Tadi masuk puskesmas pukul 09.00. Masih ada gempa waktu itu, tapi kecil-kecil,” ujar Elmiyanti di Puskesmas Senaru, Minggu (29/7) kemarin.

Elmi menjelaskan, saat masuk puskesmas, ada rasa takut. Sebab, gempa susulan masih terus terjadi. Tetapi, karena sudah akan melahirkan, dia tetap harus menuju puskesmas. Proses persalinan yang berlangsung sekitar 20 menit pun dilakukan dokter di halaman Puskesmas Senaru.

Ruang persalinan yang digunakan pun dibuat seadanya. Elmiyanti melahirkan di halaman beralas tikar untuk menutupi tanah dengan ditutupi kain dipasang keliling yang dibuat darurat oleh petugas kesehatan di Puskesmas Senaru.

"Alhamdulillah, anak saya lahir sehat, cowok. Beratnya belum tahu, soalnya belum diukur tadi, masih belum berani masuk ke puskesmas,” ungkapnya.

Suherman belum menyiapkan nama untuk anak pertamanya tersebut. Dia bersyukur meski di tengah gempa, anaknya bisa lahir dengan kondisi selamat dan sehat. Saat dijenguk Lombok Post (Jawa Pos Group), bayi laki-laki itu tengah tidur pulas di pelukan sang ibu. Elmiyanti terlihat didampingi mertua dan saudara-saudaranya.

Tidak lama setelah Elmiyanti melahirkan, Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar pun mengunjunginya di Puskesmas Senaru. Dalam kesempatan tersebut, bupati memberi anak laki-laki itu nama Muhammad Tegar Abdurahman. (*/c9/c10/tom)


Elmiyanti melahirkan bayi laki-laki saat gempa Lombok terjadi. Berat si bayi tak bisa ditimbang seketika, karena belum bisa masuk ke puskesmas.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News