Gencarkan Penggeledahan dan Razia Jalanan untuk Atasi Pembegalan

Gencarkan Penggeledahan dan Razia Jalanan untuk Atasi Pembegalan
Gencarkan Penggeledahan dan Razia Jalanan untuk Atasi Pembegalan

jpnn.com - CIREBON - Pelaku pembegalan dan pencurian kendaraan bermotor semakin marak di beberapa wilayah di Indonesia membuat warga kian resah. Hal itu juga pula yang terjadi di wilayah Cirebon dan Indramayu, Jawa Barat.

Demi memburu pelaku pembegalan, jajaran Polda Jabar turun melakukan penggeledahan di rumah yang diduga berkaitan dengan tindak kejahatan. Mabes Polri bahkan memberi perhatian khusus pada tindakan untuk menyikat para pelaku pembegalan itu.

Kasatreskrim Polres Cirebon, AKP Jarot Sungkowo SH SIK mengatakan penggeledahan rumah dapat dilakukan atas nama undang-undang. Hal tu diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

“Jika sudah ada bukti permulaan yang cukup. Penggeledahan dilakukan untuk pengembangan kasus. Jadi, tidak setiap rumah digeledah,” katanya terkait dengan informasi penggeledahan rumah yang dilakukan polisi pada beberapa wilayah hukum Polres Cirebon, Minggu (8/3).

 
Jarot menegaskan, tugas kepolisian tidak hanya mengungkap tindak kejahatan, namun juga melakukan upaya preventif atau pencegahan. Cara yang dilakukan adalah dengan menggelar razia kelengkapan kendaraan pada hampir seluruh wilayah kerja Polres Cirebon.

“Sehari tiga kali razia. Mulai dari jajaran Polsek sampai Polres. Tapi tetap saja ada yang kelewat seperti penembakan di Bandorasa. Karena itu kewaspadaan harus terus ditingkatkan,” terang Jarot.

Pada beberapa hari terakhir, penggeledahan rumah kerap dilakukan di beberapa titik. Berdasarkan informasi yang dihimpun, kegiatan itu dilakukan Polda Jawa Barat dengan koordinasi dari Mabes Polri.  

“Memang ada kegiatan dari Polda Jabar. Koordinasi dengan Mabes Polri dan kami mendampingi,” ujarnya.(ysf/jpnn)


CIREBON - Pelaku pembegalan dan pencurian kendaraan bermotor semakin marak di beberapa wilayah di Indonesia membuat warga kian resah. Hal itu juga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News