Geser Partai Papan Tengah, NasDem Incar Posisi Tiga Besar

Geser Partai Papan Tengah, NasDem Incar Posisi Tiga Besar
Geser Partai Papan Tengah, NasDem Incar Posisi Tiga Besar

jpnn.com - JAKARTA - Survei Litbang Kompas menempatkan Partai NasDem di peringkat kelima dalam hal elektabilitas dengan raihan 6,9 persen. NasDem berada di bawah partai incumben, Partai Demokrat yang berada di peringkat keempat dengan raihan 7,2 persen.

Sementara beberapa partai papan tengah menempati posisi di bawah Nasdem. Yakni Partai Hanura (6,6 persen), PKB (5,1 persen), PAN (3,2 persen), PPP (2,4 persen), PKS (2,3 persen), PBB (1,1 persen), dan PKPI (0,1 persen).

Sedangkan tiga partai dengan suara terbesar yakni PDIP (21,8 persen), Golkar (16,5 persen), dan Partai Gerindra (11,5 persen).

"Rilis Kompas ini mencerminkan kerja parpol hingga saat ini, dan tentu hasil yang dicapai dalam masa survei menunjukkan bahwa kerja keras NasDem sebagai satu-satunya partai baru, mulai diakui oleh publik," kata Sekjen DPP Partai NasDem Patrice Rio Capella dalam siaran persnya, Kamis (9/1).

Rio menuturkan, partainya mengapresiasi hasil survei ini sebagai hasil kerja pengurus, kader dan simpatisan di seluruh Indonesia. Dalam waktu kurang dari tiga bulan, partai besutan Surya Paloh tersebut akan bekerja lebih keras lagi.

Mengacu hasil survei Litbang Kompas, Rio optimistis partainya bisa menembus tiga besar partai politik pemenang Pemilu 2014. Apalagi, sambungnya,  target tiga besar merupakan rekomendasi Rapat Kerja Nasional Partai NasDem pada awal Desember 2013 lalu.

"Jika sekarang NasDem masuk lima besar, target berikutnya adalah tiga besar. NasDem berkeyakinan dalam waktu dua bulan akan bisa melampaui elektabilitas Partai Demokrat yang hanya berbeda 0,3 persen saja," ujarnya.

Survei Litbang Kompas membandingkan hasil survei elektabilitas yang dilakukan selama tiga periode yakni akhir 2012, pertengahan 2013, dan akhir tahun 2013. Lembaga independen tersebut menggunakan 1.380-1.400 responden berusia minimal 17 tahun yang dipilih secara acak di 34 provinsi di Indonesia. Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sekitar 2,6 persen. (dil/jpnn)


JAKARTA - Survei Litbang Kompas menempatkan Partai NasDem di peringkat kelima dalam hal elektabilitas dengan raihan 6,9 persen. NasDem berada di


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News