Groundbreaking LRT Dilakukan Besok Tepat Diangka 'Keramat'

Groundbreaking LRT Dilakukan Besok Tepat Diangka 'Keramat'
FOTO: Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Hermanto Dwiatmoko (kiri) didampingi Stafsus Menteri Perhubungan Hadi M Djuraid saat menggelar jumpa pers di kantornya, Jakarta, Selasa (8/9). FOTO Yessy Artada/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah, Rabu (9/9) besok bakal melakukan groundbreaking pembangunan Light Rail Transit (LRT) rute Cibubur-Cawang-Dukuh Atas sepanjang 24,2 km untuk tahap IA. Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melakukan groundbreaking proyek tersebut di Taman Mini Indonesua Indah (TMII), Jakarta. 

"Besok tanggal 9 bulan 9 jam 9 akan dilakukan grounbreaking, mulai dibangunnya LRT pertama kali di Indonesia, jadi 999," ujar Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Hermanto Dwiatmoko saat menggelar jumpa pers di kantornya, Jakarta, Selasa (8/9).

Hermanto menjelaskan, pembangunan proyek LRT dilakukan sesuai Peraturan Presiden Nomor 98 tahun 2015 tentang percepatan kereta api ringan atau LRT transit terintegrasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi.

Sementara, Peraturan Presiden nomor 99 tahun 2015 tentang percepatan penyelenggaraan perkeretaapian umum di wilayah provinsi daerah khusus ibukota Jakarta, yang mengatur bahwa Gubernur DKI Jakarta bisa menugaskan BUMD DKI Jakarta untuk membangun prasarana LRT Jakarta.

"Jadi ada dua Perpres dalam pengerjaan LRT ini, Perpres nomor 98 dan 99. Bapak presiden (Joko Widodo) telah menugaskan PT Adhi Karya untuk membangun prasarana LRT Jabodetabek," terang Hermanto.

Sedangkan untuk pembangunan tahap ke dua atau IB, BUMN yang bergerak di sektor infrastruktur ini akan mengerjakan rute Bekasi Timur-Cawang-Dukuh Atas sepanjang 17,9 Km. Pembangunan LRT ditargetkan akan tuntas sebelum ASEAN Game 2018. (chi/jpnn)


JAKARTA - Pemerintah, Rabu (9/9) besok bakal melakukan groundbreaking pembangunan Light Rail Transit (LRT) rute Cibubur-Cawang-Dukuh Atas sepanjang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News