Gula Aren Punya Banyak Manfaat, Lebih Sehat

Gula Aren Punya Banyak Manfaat, Lebih Sehat
Ngobrol Asyik (Ngobras) Penyuluhan volume 13 dengan tema 'Kurangi Impor Gula', Selasa (22/3). Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Tanaman aren memiliki fungsi produksi yang menghasilkan berbagai komoditas agrobisnis produk pangan dan nonpangan, serta untuk keperluan konsumen dalam negeri serta ekspor.

Hasil dari olahan nira menjadi gula aren dapat dijadikan bahan makanan dan minuman yang sehat.

Selain itu, tanaman aren juga berfungsi sebagai konsevasi hutan dan lahan yang dapat dihunakan untuk pengendalian tata air tanah dan mencegah terjadinya erosi. Sekaligus bermanfaat untuk menghentikan impor gula.

"Sebenarnya, jangan terlalu banyak mengandalkan gula tebu. Jadikan peluang untuk mengembangkan gula kelapa. Pohon kelapa kita, kan, banyak tersebar," kata Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

Dijelaskannya, program percepatan swasembada gula konsumsi tahun 2023, di antaranya melakukan ekstensifikasi berupa penambahan areal baru sejumlah 50 ribu hektare, yang diharapkan ada peningkatan gula konsumsi sejumlah 359 ribu ton GKP.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nusyamsi sejalan dengan hal itu.

Dedi mengatakan untuk beralih ke gula kelapa atau gula aren menggantikan gula pasir karena lebih sehat.

“Kurangi impor gula, beralih ke gula aren dan kelapa yang memiliki potensi luar biasa dan juga lebih sehat,” ujarnya saat agenda Ngobrol Asyik (Ngobras) Penyuluhan volume 13 dengan tema 'kurangi impor gula', Selasa (22/3), di AOR BPPSDMP, Jakarta.

Hasil dari olahan nira menjadi gula aren dapat dijadikan bahan makanan dan minuman yang sehat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News