Guntingan Koran Ditukar Ponsel

Guntingan Koran Ditukar Ponsel
Guntingan Koran Ditukar Ponsel

jpnn.com - SURABAYA - Empat tahun lamanya Didik Purwanto menjalani hidup sebagai penipu ulung. Pemuda 33 tahun yang berasal dari Jalan Kapten Ramelan, Bojonegoro, itu berhasil mengelabui ratusan pemilik ponsel.

Dia mengaku petugas resmi distributor ponsel yang menawarkan promo harga ponsel murah. Penipuan yang dijalani Didik tergolong rapi.

Dia membekali penipuan itu dengan aneka atribut palsu. Misalnya, kartu tanda pengenal, kartu nama, surat tugas, brosur, pin, dan sebuah amplop yang disertai dengan nama dan logo perusahaan distributor ponsel. "Saya dapat ide dan semua format atribut ini dari internet," ungkap dia, Kamis (5/9).

Didik kerap beroperasi di sejumlah pusat perbelanjaan di Surabaya. Sasarannya adalah para penjaga toko atau pengunjung.

Penipuan yang dilakukan Didik itu akhirnya ketahuan juga. Seorang korbannya bernama Winarsih masih mengenali Didik.

Kapolsek Tegalsari Kompol Arif Mukti menuturkan, aksi tersangka itu telah berlangsung puluhan kali. Dalam seminggu, pelaku bisa beraksi dua hingga tiga kali, lantas pulang kampung.

"Kalau ditotal, kerugian mencapai puluhan juta rupiah. Kami berharap ada korban lain yang melapor," kata Mukti. (jun/c6/diq)

 

SURABAYA - Empat tahun lamanya Didik Purwanto menjalani hidup sebagai penipu ulung. Pemuda 33 tahun yang berasal dari Jalan Kapten Ramelan, Bojonegoro,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News