Gunung Agung Siaga, Pulau Dewata Tetap Aman Dikunjungi

Gunung Agung Siaga, Pulau Dewata Tetap Aman Dikunjungi
Warga yang mengungsi melihat Gunung Agung di Pos Pemantau Rendang. Foto: Mistahudin Halim/Radar Bali

jpnn.com, BALI - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan Pulau Dewata tetap aman bagi wisatawan.

Hal ini disampaikan Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, menyikapi pemberitaan yang berlebihan, bahkan banyak informasi menyesatkan atau hoax yang beredar di masyarakat tentang peningkatan status Gunung Agung.

Sehingga, sebagian orang takut berkunjung ke Pulau Bali. Masyarakat di Bali pun ada sebagian yang ikut panik. Beberapa kedutaan asing menanyakan kepada Posko BNPB mengenai kondisi aktivitas Gunung Agung dan penanganannya.

"Hingga saat ini kondisi pariwisata di Bali masih aman untuk dikunjungi, kecuali di dalam radius yang dilarang oleh PVMBG untuk melakukan aktivitas di sekitar Gunung Agung," ujar Sutopo dalam pernyataan pers, Jumat (22/9).

Tempat wisata di Bali seperti Tanah Lot, Uluwatu, Danau Beratan Bedugul, Istana Tampak Siring, Bali Safari dan Marine Park, Garuda Wisnu Kencana, Pantai Sanur, Tanjung Benoa, Goa Gajah, Kawasan Nusa Penida, Pantai Kuta dan lainnya aman.

Tidak ada dampak langsung dari kenaikan status Gunung Agung menjadi Siaga terhadap kawasan wisata tersebut. Sebab, jaraknya jauh dari gunung tertinggi di Pulau Dewata.

"Begitu pula Bandara Internasional Ngurah Rai juga jauh jaraknya dengan Gunung Agung. Aktivitas penerbangan normal. Jadi tidak ada alasan untuk khawatir dengan keselamatan berwisata di Bali," tegas Sutopo.

Memang, aktivitas vulkanik Gunung Agung di Kabupaten Karangasem meningkat. Sejak pukul 00.00 – 12.00 WITA pada hari ini telah terjadi 58 gempa vulkanik dangkal, 318 kali gempa vulkanik dalam, dan 44 kali gempa tektonik lokal.

Sebagian orang takut berkunjung ke Pulau Bali. Masyarakat di Bali pun ada sebagian yang ikut panik terkait status siaga Gunung Agung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News