Gunung Agung Siaga, Karangasem Darurat Bencana

Gunung Agung Siaga, Karangasem Darurat Bencana
Gunung Agung siaga sejak Senin (18/9) malam. Foto: I Made Mertawan/Bali Express

jpnn.com, BALI - Pemerintah Kabupaten Karangasem, Bali telah menetapkan daerah yang terletak paling ujung timur Pulau Bali itu, sebagai kabupaten tangap darurat bencana. Ini menyusul status Gunung Agung yang berada di level III (Siaga).

Penetapan itu tertanggal 18 September 2017 pukul 22.00 wita atau satu jam setelah Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menaikan status gunung tertinggi di Bali itu menjadi Siaga.

"Kami menyatakan agar dilaksanakan tanggap darurat bencana selama 14 hari. Terhitung sejak tanggal 18 September 2017," kata Mas Sumatri.

Bupati perempuan pertama di Karangasem itu mengimbau masyarakat tetap tenang, dan mengikuti komando pihak terkait untuk proses evakuasi jika memang dianggap perlu dilakukan. "Jika kondisi memburuk, silakan berkumpul di tempat aman. Pemerintah siap evakuasi," tegasnya.

Mas Sumatri juga meminta masyarakat secara aktif mencari informasi ke pihak bewenang, misalnya perbekel sebagai pemerintahan di tingkat desa.

"Pemerintah sudah siap memfasilitasi segala kebutuhan yang diperlukan," kata Mas Sumatri. (bali express/bx/wan/yes/yes/jpr)


Penetapan itu tertanggal 18 September 2017 pukul 22.00 wita atau satu jam setelah status Gunung Agung menjadi Siaga.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News