Harap Tenang! Dinas Kesehatan Jamin tak Ada Vaksin Palsu

Harap Tenang! Dinas Kesehatan Jamin tak Ada Vaksin Palsu
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - TANJUNG SELOR - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bulungan Aryani Arsyad mengatakan, wilayahnya belum terjangkit wabah peredaran vaksin palsu.

“Vaksin palsu kalau di daerah kita tidak ada. Dan itu tidak mungkin dibeli oleh negara, itu yang pertama ya. Hal ini dikarenakan sistem pengadaan kita terawasi,” ungkapnya kepada Kaltara Pos, kemarin(13/7).

Aryani menjamin, vaksin yang digunakan Dinkes Bulungan sangat terpercaya. Sebab, pengambilannya sesuai prosedur pengadaan melalui Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

“Sehingga dijamin tidak mungkin ada barang palsunya di dalam. Kalau kita temukan akan segera dimusnahkan karena tidak ada manfaatnya bagi tubuh. Dengan kata lain, aman untuk Kabupaten Bulungan mengenai barang imitasi ini,” jelas Aryani.

Dia menambahkan, penggunaan vaksin untuk dunia kesehatan memang diperlukan. Akan tetapi, penggunaan vaksi masih kurang di tengah-tengah masyarakat.

“Padahal, vaksin imunisasi adalah salah satu langkah untuk pertahankan kesehatan kita,” ucapnya.

“Menambah kekebalan tubuh anak. Kalau ada yang katakan orang luar sana tidak ada imunisasi, di sana kan perilaku hidup mereka sudah berubah tidak seperti dengan kita. Kalau mau makan tidak cuci tangan dan memakai sabun terkadang toh. Dan buang air besar terkadang masih sembarang tempat,” urainya. (mul)


TANJUNG SELOR - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bulungan Aryani Arsyad mengatakan, wilayahnya belum terjangkit wabah peredaran vaksin palsu.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News