Harga Elektronik Melambung

Harga Elektronik Melambung
Harga Elektronik Melambung
SURABAYA - Melemahnya nilai tukar Rupiah sejak Mei lalu, berimbas pada naiknya harga elektronik. Hal ini diungkapkan oleh Regional Manager Electronic Solution Area Timur Bernardh Siregar.

"Dua minggu lalu, produk gadget naik 7 persen. Sementara, harga produk elektronik lainnya, akan mengikuti kenaikan awal Juli. Kenaikannya diperkirakan 2-3 persen," ujarnya.

Ia menjelaskan, produk gadget lebih cepat naik karena produk ini sangat sensitif dengan nilai tukar rupiah. Pabrikan produk gadget sebagian besar di luar negeri. Sehingga diimpor langsung dan pembayarannya masih memakai dollar. Produk ini seperti, BlackBerry, iPad, dan komputer jinjing merk Sony.

Bernadh mengatakan, kenaikan elektronik hampir menyeluruh di awal Juni. Hal ini disebabkan adanya komponen elektronik yang pembayarannya masih memakai dollar. Produk seperti ini lebih banyak pada home appliance. Misalkan seperti mesin cuci, kulkas, dan televisi. "Di Indonesia, memang telah banyak pabrik elektronik, namun sebagian besar komponennya masih impor. Jadi di sini hanya perakitannya saja,"katanya.

      

SURABAYA - Melemahnya nilai tukar Rupiah sejak Mei lalu, berimbas pada naiknya harga elektronik. Hal ini diungkapkan oleh Regional Manager Electronic

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News