Hari Ini Jogja Berselimut Debu

Situasi Pengungsian Kacau, Warga Kekurangan Masker

Hari Ini Jogja Berselimut Debu
Suasana di kawasan Jalan Kaliurang yang diambil sekitar pukul 10.00 WIB. Abu vulkanik yang cukup tebal, sehingga jarak pandang yang pendek membuat warga memilih tetap tinggal di rumah. Warga di sekitar Jl. Kaliurang dikabarkan mulai banyak yang merasakan sesak nafas, sementara bantuan masker masih belum tersedia. FOTO : Adib/radar Jogja

JOGJAKARTA - Letusan Gunung Merapi yang terjadi Sabtu (30/10) dinihari tadi masih menyisakan abu vulkanik di hampir seluruh kawasan Jogjakarta. Hingga pagi ini, pukul 10.00WIB suasana Jogjakarta masih berselimut abu. Angin yang bertiup ke arah selatan seakan mempertebal suasana muram  kota  gudeg tersebut. Abu vulkanik ini merupakan akibat dari ledakan Merapi yang terjadi Sabtu dinihari tadi.

Hujan Abu yang menyelimuti kota Jogja tidak saja membuat panik warga setempat. Namun, saat ini kota tersebut juga tengah mengalami kekurangan masker. Sejumlah  aktivis yang kini sedang menjadi relawan di sana menegaskan, saat ini masker menjadi kebutuhan mendesak. "Karena warga sudah mengalami sesak-sesak napas. Persediaan masker sudah menipis," ujar seorang relawan Mustaqiem saat dihubungi JPNN, Sabtu (30/10) pagi.

Antrean panjang warga yang ingin membeli masker juga memadati sejumlah apotek di sepanjang jalan Kaliurang dan di kawasan Monumen Jogja Kembali. "Sejumlah apotek dan toko Obat juga sudah kehabisan masker. Tolong, teman-teman di Jakarta bisa membantu pengadaan masker, yang kini menjadi kebutuhan mendesak," pinta Mustaqiem. Belakangan, hampir semua apotek  di Jogjakarta sudah memasang tulisan "MASKER HABIS" di depan pintu mereka. Kini, warga Jogja pun mulai berburu masker. "Biasanya yang sudah punya masker nekad keluar, mencari apotek-apotek yang masih menjual masker,"  Mustaqiem menambahkan.

Relawan dari Universitas Gadjah Mada Adam juga menyampaikan keluhan serupa. Menurut Adam, akibat hujan abu yang menyelimuti Jogja sejak dinihari tadi semua aktivitas di Kabupaten Sleman Lumpuh total. "Saat ini ketebalan abu di wilayah Sleman sudah mencapai antara 3 hingga 5 centimeter," ujarnya.

JOGJAKARTA - Letusan Gunung Merapi yang terjadi Sabtu (30/10) dinihari tadi masih menyisakan abu vulkanik di hampir seluruh kawasan Jogjakarta. Hingga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News