JPNN.com

Hasil Survei: 30 Persen Pasien Kanker Mengalami Malnutrisi, ini Penyebabnya

Jumat, 09 April 2021 – 12:28 WIB
Hasil Survei: 30 Persen Pasien Kanker Mengalami Malnutrisi, ini Penyebabnya - JPNN.com
Dokter spesialis gizi klinik Ida Gunawan dari Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinis Indonesia (PDGKI). (ANTARA/Livia Kristianti)

jpnn.com, JAKARTA - Vice Chairman Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia (PDGKI) Dokter Ida Gunawan mengatakan, survei menunjukkan 30 persen pasien mengalami malnutrisi.

Survei dilakukan pada 300 pengidap kanker yang menjalani pengobatan di Rumah Sakit Dharmais Jakarta.

“Kanker menyebabkan inflamasi (peradangan) timbul di seluruh bagian tubuh. Efek operasi, radioterapi, dan kemoterapi itu menambah inflamasi di dalam tubuh."

"Selain menyebabkan kelelahan secara fisik hingga fungsi syaraf terganggu, termasuk juga kelelahan mental. Sehingga pasien berada di titik terpuruk dan berujung pada tidak nafsu makan yang menyebabkan malnutrisi,” ujar Ida dalam sebuah diskusi daring.

Dokter spesialis Gizi Klinis itu mengatakan, intervensi gizi seharusnya dilakukan sejak kanker terdeteksi dari awal sehingga lebih mudah untuk mencegah terjadinya malnutrisi.

Intervensi gizi oleh profesional terhadap pengidap kanker pun dilakukan agar tidak ada kesalahan dalam pemberian makanan dan minuman kepada pasien.

Kerap kali setelah mendengar vonis kanker, pasien justru malah menjalani pola makan yang salah seperti layaknya berdiet.

“Banyak yang salah kaprah, saat tahu kena kanker justru malah menjauhi daging,telur, dan justru hanya makan sayuran."

Sumber ANTARA

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...