Hujan-Petir Merata di Seluruh Wilayah

Hujan-Petir Merata di Seluruh Wilayah
Hujan-Petir Merata di Seluruh Wilayah
JAKARTA -- Hujan lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di hampir seluruh wilayah di tanah air, mulai hari ini (22/1) hingga 25 Januari mendatang. Dalam peringatan dini cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) disebutkan, wilayah yang berpotensi  hujan lebat disertai  petir dan angin kencang adalah Sumatera bagian Tengah dan Selatan, pesisir Barat Sumatera, Kalimantan bagian Selatan, dan Jabodetabek.

Selain itu, juga di Jawa bagian Barat dan Utara, Sulawesi bagian Selatan, Bali, Nusa Tenggara, Maluku Tenggara, serta Papua bagian Tengah dan Selatan.

Dijelaskan, adanya badai tropis MAGDA diperairan sebelah Selatan Kupang dan daerah tekanan rendah di sebelah Tenggara Merauke berpengaruh terhadap pembentukan daerah pumpunan/pertemuan angin yang memanjang dari Laut Jawa, Laut Bali hingga NTB serta dari Laut Banda hingga Laut Arafura.

Kondisi ini berpengaruh terhadap proses pertumbuhan awan hujan yang semakin meningkat di wilayah Indonesia bagian Selatan. Selain itu, kelembaban udara yang cukup besar dan suhu muka laut yang masih hangat juga memberikan dukungan yang positif terhadap pertumbuhan awan hujan. (sam/jpnn)

JAKARTA -- Hujan lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di hampir seluruh wilayah di tanah air, mulai hari ini (22/1) hingga 25


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News