Ical: Setgab Satu Sikap dengan Pemerintah

RUUK Jogjakarta

Ical: Setgab Satu Sikap dengan Pemerintah
Ical: Setgab Satu Sikap dengan Pemerintah
JAKARTA -- RUU Keistimewaan (RUUK) Jogjakarta akan kembali menjadi batu ujian untuk menakar soliditas Setgab (Sekretariat Gabungan) koalisi parpol pendukung pemerintah. Apalagi mayoritas suara fraksi di level DPRD Jogja yang merupakan representasi partai secara terbuka berbeda dari sikap SBY.

DPRD Jogja dan sejumlah politikus parlemen menginginkan Sultan dan Paku Alam ditetapkan sebagai gubernur dan wakil gubernur. Sementara itu, dalam draf RUUK Jogjakarta, pemerintah tetap menginginkan adanya pemilihan gubernur dan Sultan diposisikan sebagai gubernur utama.

Walaupun masalah tersebut telah menimbulkan riak politik yang besar, Ketua Harian Setgab Aburizal Bakrie menegaskan bahwa Setgab akan satu suara dengan pemerintah. Setgab telah menyampaikan sejumlah usul kepada pemerintah untuk dipertimbangkan terkait keistimewaan DIJ. "Setgab nanti satu sikap dengan pemerintah," ujar Ical, sapaan akrab Aburizal Bakrie, setelah membuka rapat kerja FPG DPR di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, kemarin.

Saat ini, jelas politikus yang juga ketua umum Partai Golkar itu, Setgab belum berada di posisi untuk menyampaikan sikap. Alasannya, draf RUUK Jogja yang diusulkan pemerintah juga baru diajukan ke DPR kemarin. "Yang penting, seluruh partai yang tergabung di Sekretariat Gabungan sudah memberikan masukan-masukan."

JAKARTA -- RUU Keistimewaan (RUUK) Jogjakarta akan kembali menjadi batu ujian untuk menakar soliditas Setgab (Sekretariat Gabungan) koalisi parpol

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News