Ide Ganjar untuk Sulut: Gerbang Baru Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Utara

Ide Ganjar untuk Sulut: Gerbang Baru Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Utara
Capres Pilpres 2024 Ganjar Pranowo berorasi pada kampanyenya yang bertitel Hajatan Rakyat di Lapangan KONI Manado, Sulawesi Utara, Kamis (1/2/2024). Foto: Antara/Karel A Polakitan

jpnn.com, MANADO - Capres Pilpres 2024 Ganjar Pranowo menyebut Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan untuk mendongkrak perekonomian.

Menurut Ganjar, provinsi berjuluk Daerah Nyiur Melambai itu harus menjadi gerbang baru bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia di wilayah utara.

Kontestan bernomor urut 3 di Pilpres 2024 itu menyatakan hal tersebut saat berorasi pada Hajatan Rakyat yang digelar di Lapangan KONI Manado, Sulut, Kamis (1/2/2024).

"Sulut adalah wilayah di utara Indonesia dan sebagai pintu gerbang masuknya ke Indonesia dari wilayah utara. Potensi daerahnya luar biasa, maka Sulut harus menjadi pintu gerbang pertumbuhan ekonomi wilayah utara," ujar Ganjar di depan ribuan orang yang menghadiri Hajatan Rakyat.

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) periode 2013-2018 dan 2018-2023 itu menjelaskan seluruh kegiatan ekspor impor ke Indonesia dari wilayah utara harus masuk ke Sulut. Dengan begitu, kata Ganjar, maka seluruh potensi yang ada di Sulut bisa muncul dan berkembang.

"Itulah pertumbuhan ekonomi baru yang mesti kita ciptakan dan Sulut menjadi kontributor ekonomi besar bagi Indonesia," katanya.

Lebih lanjut Ganjar menyebutkan potensi besar Sulut yang belum dikelola dengan baik ialah sektor kelautan. Menurut dia, Sulut tidak hanya kaya akan sumber daya kelautan yang bisa dioptimalkan, tetapi juga memiliki banyak destinasi wisata dan daya tarik budaya.

"Kalau bicara optimalisasi potensi laut, maka persis dengan apa yang akan kita kerjakan. Negara maritim ini mesti kita kuatkan, sumber daya kelautan, pariwisata dan budaya harus kita naikkan," ucapnya.

Ganjar Pranowo menyebut Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan untuk mendongkrak perekonomian nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News