500 Sukarelawan Mengikuti Latihan Militer, Disiapkan Sebagai Komponen Cadangan

Senin, 21 Juni 2021 – 19:56 WIB
500 Sukarelawan Mengikuti Latihan Militer, Disiapkan Sebagai Komponen Cadangan - JPNN.com
Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad membuka Latihan Dasar Militer (Latsarmil) Komponen Cadangan Tahun 2021, di Lapangan Apel Dodik Bela Negara Rindam XII/Tpr, di Singkawang, Kalbar. ANTARA/HO-Pendam XII/Tpr

jpnn.com, SINGKAWANG - Sukarelawan dari masyarakat sipil mengikuti latihan dasar militer yang digelar di Lapangan Apel Dodik Bela Negara Rindam XII/Tpr, di Singkawang, Kalimantan Barat.

Jumlahnya lumayan banyak, setidaknya ada 500 orang yang akan mengikuti latihan dasar militer (Latsarmil) Komponen Cadangan Tahun 2021.

Latsarmil dibuka oleh Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

"Latsarmil Komponen Cadangan Matra Darat ini akan diikuti sebanyak 500 sukarelawan yang berasal dari wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah yang telah dinyatakan lulus dalam seleksi," ujar Muhammad Nur Rahmad, di Singkawang, Senin (21/6).

Pangdam mengatakan, sistem pertahanan negara Indonesia adalah sistem pertahanan yang bersifat semesta.

Artinya, melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional lainnya, serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah.

"Ini sejalan dengan isi Undang-Undang Nomor 23/2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) untuk Pertahanan Negara," ujarnya.

Dia menjelaskan, di dalam undang-undang tersebut ditegaskan bahwa perlu dibentuk dan disiapkan sejak dini komponen cadangan untuk memperkuat komponen utama.

Sumber ANTARA

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...