Ilmuwan Temukan Vaksin AIDS dari Produk Gagal

Ilmuwan Temukan Vaksin AIDS dari Produk Gagal
Foto : REUTERS
WASHINGTON – Untuk pertama kalinya, sebuah percobaan vaksin AIDS dinyatakan berhasil. Para peneliti mengungkapkan, vaksin yang sebenarnya berasal dari dua produk gagal itu ternyata mampu mengurangi tingkat infeksi hingga 30 persen.

Para pengembang kini tengah memperdebatkan cara menguji vaksin secara terbatas. Mereka tengah mencari cara agar vaksin itu bisa bekerja lebih baik lagi. Para ilmuwan mengatakan, mereka tidak begitu yakin tentang bagaimana vaksin tersebut bisa berhasil saat digunakan dalam uji coba secara bersamaan di Thailand. Karenanya ilmuwan akan meneliti para sukarelawan untuk mencari tahu.

Meski demikian semua pihak setuju bahwa produk secara komersil baru akan dilakukan beberapa tahun mendatang, kecuali organisasi kesehatan dunia (WHO) sudah menyatakan bahwa penelitian tersebut sudah membuahkan harapan tentang ditemukannya vaksin yang efektif.

Menteri Kesehatan Thailand, Withaya Kaewparadai menyatakan, hasil penelitian itu merupakan langkah yang sangat penting untuk pengembangan vaksin AIDS. “Ini untuk pertama kalinya di dunia bahwa kami telah menemukan vaksin yang mampu mencegah HIV/AIDS,” ujarnya seperti dikutip REUTERS.

WASHINGTON – Untuk pertama kalinya, sebuah percobaan vaksin AIDS dinyatakan berhasil. Para peneliti mengungkapkan, vaksin yang sebenarnya berasal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News