Indonesia Dorong ASEAN Peduli Nasib Pekerja Migran

Indonesia Dorong ASEAN Peduli Nasib Pekerja Migran
Indonesia Dorong ASEAN Peduli Nasib Pekerja Migran
JAKARTA - Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertemuan Komite ASEAN bagi perwujudan Deklarasi ASEAN tentang perlindungan dan pemajuan (promosi) hak-hak pekerja migran atau ASEAN Committee on the Implementation of the ASEAN Declaration  on the Protection and Promotion of the Rights of Migran Workers (ACMW) ke-4. Pertemuan yang diselenggarakan pada tanggal 11-12 April di Jakarta itu akan membahas persoalan para pekerja migran.

Plt. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muchtar Luthfi mengatakan, pertemuan  yang  dihadiri 35 orang peserta perwakilan/ delegasi dari 10 negara ASEAN dan wakil dari Sekretariat ASEAN ini akan secara khusus membahas masalah perlindungan dan promosi hak-hak pekerja migran. Menurut Muchtar , persoalan pekerja migran di tingkat regional sudah semakin kompleks,

"Maka melalui pelaksanaan pertemuan ACMW ini diharapkan perlindungan dan promosi hak-hak pekerja migran, khususnya di kawasan ASEAN, dapat terwujud secara optimal,” kata Muchtar saat membuka ACMW ke-4 di Jakarta, Senin (11/4).

Seiring dengan asas chairmanship (kepemimpinan) Indonesia di ASEAN pada tahun ini, lanjut Muchtar, pihaknya berupaya mengingatkan negara-negara ASEAN akan pentingnya semangat kebersamaan dalam memajukan dan meningkatkan perlindungan yang efektif bagi para pekerja migran. “Peningkatan perlindungan, promosi hak-hak pekerja migran terhadap eksploitasi dan perlakuan tidak layak, serta peningkatan kerja sama regional menjadi bagian penting dari agenda kerja ACMW ini,” imbuhnya.

JAKARTA - Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertemuan Komite ASEAN bagi perwujudan Deklarasi ASEAN tentang perlindungan dan pemajuan (promosi)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News